Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Chappy Hakim: Kedirgantaraan Begitu Penting karena Menyangkut Kedaulatan Negara

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/raiza-andini-1'>RAIZA ANDINI</a>
LAPORAN: RAIZA ANDINI
  • Minggu, 13 Februari 2022, 22:47 WIB
Chappy Hakim: Kedirgantaraan Begitu Penting karena Menyangkut Kedaulatan Negara
Marsekal (Purn) Chappy Hakim berbicara di diskusi virtual Forum Insan Cita, bertemakan Quo Vadis Perjanjian FIR Indonesia-Singapura, Minggu malam (13/2).
rmol news logo Memahami permasalahan flight information region (FIR) tidak semudah memahami masalah lainnya. Tentang FIR sifatnya teknis sehingga agak sulit untuk menjelaskan.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Marsekal (Purn) Chappy Hakim menjelaskan, jika salah menjelaskan bisa rancu. Oleh karena itu, membahas permasalahn FIR harus fokus pada implikasi dari FIR. Salah satunya tentang pengelolaan wilayah udata dan seberapa penting wilayah udara bagi sebuah negara.

Chappy menjelaskan, kedaulatan wilayah udara merupakan sumber daya alam yang memiliki risiko tersendiri. Dalam amanah konstitusi sumber daya alam udara dikuasai oleh negara dan diperuntukkan semaksimal mungkin bagi kesejahteraan rakyat.

“Itu amanah konstitusi kemudian tentang wilayah udara yang berhubungan dengan air and space kedirgantaraan dia menjadi begitu penting, mengapa? karena air and space adalah masa depan umat manusia yang berarti,” demikian uraian Chappy menjadi pembicara di  diskusi virtual Forum Insan Cita, bertemakan Quo Vadis Perjanjian FIR Indonesia-Singapura, Minggu malam (13/2).

Dia menambahkan, kedirgantaan memiliki arti yang sangat tinggi bagi sebuah negara dalam mempertahankan kedaulatannya di batas ruang udara.

“Dia beririsan dengan masalah-masalah yang menyangkut martabat sebuah bangsa,” tegasnya.

Pihaknya memberikan contoh sederhana betapa pentingnya kedirgantaraan tersebut tentang nilai kehidupan sehari-hari bagi manusia, seperti ketergantungan terhadap satelit komunikasi di udara.

“Misalnya ATM, kalau kita mengambil uang kita sendiri di ATM kemudian kebetulan sinyal time signal dari satelit itu mati kita tidak bisa mengambil uang kita sendiri begitu juga dengan GPS dengan wi-fi dan lain sebagainya Itu bisa menyebabkan chaos,” katanya.

Selain itu, kedirgantaraan merupakan sebuah wilayah udara yang sangat kritis terhadap berbagai ancaman kedaulatan negara. Ancaman itu baik bersifat dari luar maupun ancaman dari dalam negeri.

Salah satu contoh sangat sederhana ancaman kedirgantaraan adalah bagaimana sejarah telah memberikan pelajaran saat armada udara Angkatan Laut kerajaan Jepang menghancurkan leburkan Pearl Harbour pada pada tahun 1941.

Setelahnya, Amerika membalas dendam dengan melalui wilayah udara Jepang menjatuhkan bom atom di Hiroshima dan Nagasaki. Imbas dari tindakan AS, mengakibatkan Jepang menyerah dan perang dunia selesai.

“Itu serangan-serangan yang datang dari luar melalui wilayah udara," pungkas Chappy.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA