Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Beredar Pesan Berantai Anggota KPU-Bawaslu RI sudah Disepakati, Begini Respons Komisi II DPR

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/faisal-aristama-1'>FAISAL ARISTAMA</a>
LAPORAN: FAISAL ARISTAMA
  • Senin, 14 Februari 2022, 16:25 WIB
Beredar Pesan Berantai Anggota KPU-Bawaslu RI sudah Disepakati, Begini Respons Komisi II DPR
Ketua Komisi II DPR Ahmad Doli Kurnia/RMOL
rmol news logo Komisi II DPR RI membantah melakukan cawe-cawe terkait dengan para calon anggota KPU-Bawaslu RI yang akan mengikuti uji kepatutan dan kelayakan atau fit and proper test.

Hal itu menyusul adanya pesan berantai yang memuat daftat 7 calon anggota KPU dan 5 calon anggota Bawaslu terpilih, berdasarkan kesepakatan parpol di DPR RI, sebelum dilaksanakannya fit and proper test.

Berdasarkan informasi yang beredar, fraksi-fraksi di Komisi II DPR menyepakati nama yang lolos, KPU: Parsadaan Harahap, Idham Holik, Betty Epsilon Idroos, August Mellaz, Yulianto Sudrajat, Mochammad Afifuddin, dan Hasyim Asy'ari

Bawaslu: Rahmat Bagja, Puadi, Totok, Herwyn Jefler Hielsa Malonda, dan Lolly Suhenty.

Menanggapi hal itu, Ketua Komisi II DPR Ahmad Doli Kurnia membantah adanya cawe-cawe di Komisi II terkait nama calon terpilih sebagaimana isi pesan berantai tersebut.

"Fit and proper test-nya saja baru sekarang, kalau di Komisi II nggak ada. Nggak tahu kalau di luar Komisi II," tegas Doli kepada wartawan di Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (14/2).

Wakil Ketua Umum Partai Golkar ini menegaskan bahwa fit and proper test yang dilangsungkan pada hari ini sampai 16 Februari 2022 dilakukan dengan baik dan benar oleh Komisi II DPR RI.

"Masa main-main, ada anggarannya lho, ngapain ini buang-buang waktu. Kerjaan saya juga banyak, ngurusin partai dan macam-macam. Ini serius," pungkasnya.

Tim Seleksi Calon Anggota KPU-Bawaslu, telah mengirimkan 14 calon komisoner KPU dan 10 nama anggota Bawaslu kepada Presiden Joko Widodo. Nama-nama tersebut, hari ini menjalani fit and proper test.

Adapun keempat belas nama calon anggota KPU yang terdiri atas 10 orang laki-laki dan empat orang perempuan tersebut yaitu, August Mellaz, Betty Epsilon Idroos, Dahliah, Hasyim Asy’ari, I Dewa Kade Wiarsa Raka Sandi, Idham Holik, Iffa Rosita, Iwan Rompo Banne.

Kemudian, Mochammad Afifuddin, Muchamad Ali Safa’at, Parsadaan Harahap, Viryan, Yessy Yatty Momongan, dan Yulianto Sudrajat.

Sementara itu, kesepuluh calon anggota Bawaslu terdiri atas tujuh orang laki-laki dan tiga orang perempuan yaitu, Aditya Perdana, Andi Tenri Sompa, Fritz Edward Siregar, Herwyn Jefler Hielsa Malonda, Lolly Suhenty, Mardiana Rusli, Puadi, Rahmat Bagja, Subair, dan Totok Hariyono. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA