Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Kepala BNPB Kembali Terbang ke Lumajang Tinjau Lokasi Relokasi Korban Erupsi Gunung Semeru

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/angga-ulung-tranggana-1'>ANGGA ULUNG TRANGGANA</a>
LAPORAN: ANGGA ULUNG TRANGGANA
  • Selasa, 15 Februari 2022, 19:05 WIB
Kepala BNPB Kembali Terbang ke Lumajang Tinjau Lokasi Relokasi Korban Erupsi Gunung Semeru
Kepala BNPB Letjen Suharyanto saat tinjau lokasi relokasi bagi masyarakat terdampak erupsi Gunung Semru/Ist
rmol news logo Meninjau perkembangan pembangunan hunian tetap (tetap) dan hunian sementara (huntara) bagi masyarakat terdampak Awan Panas Guguran (APG) Gunungapi Semeru, Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen TNI Suharyanto datang ke Lumajang, Jawa Timur.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Orang nomor satu di BNPB itu datang ke Desa Sumbermujur, Kecamatan Candipuro, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, pada Selasa (15/2).

Kepala BNPB, Letjen Suharyanto mengatakan ia datang untuk memastikan percepatan program peralihan atau transisi masa tanggap darurat menuju rehabilitasi dan rekonstruksi.

Selain itu, Suharyanto menyatakan bahwa kedatangannya adalah wujud perhatian pemerintah pusat dalam rangka pemulihan kepada masyarakat terdampak erupsi Gunung api Semeru yang terjadi pada Sabtu (4/12) tahun lalu.

“BNPB sebagai institusi yang bertanggung jawab terkait penanggulangan bencana akan melaksanakan rapat koordinasi dengan para penyelenggara atau pembangun hunian sementara agar diketahui di mana kelemahan dan kekurangannya dan dipacu lagi, supaya lebih cepat lagi pengerjaannya,” jelas Suharyanto.

Pada kesempatan itu, Kepala BNPB melihat langsung beberapa progres pembangunan huntap dan huntara yang sedang berlangsung.

Suharyanto menilai, pembangunan huntap termasuk cepat. Namun demikian, mantan Pangdam V Brawijaya itu tetap akan mendorong agar proses tersebut dapat lebih dipercepat lagi sehingga manfaatnya segera dirasakan masyarakat.

Pembangunan huntap dan huntara di Desa Sumbermujur telah mencapai huntara 234 unit, sementara huntap telah mencapai 635 unit terhitung sejak dimulainya pembangunan pada (4/1) sampai (15/2).

Huntara dan Huntap yang dibangun dipastikan akan memperhatikan faktor kenyamanan dan memberikan ruang untuk melakukan aktivitas ekonomi.

Hadir mendampingi peninjauan tersebut meliputi Bupati Kabupaten Lumajang Thoriqul Haq, Deputi Bidang Rehabilitasi dan Rekonstruksi BNPB Jarwansyah, Deputi Bidang Penanganan Darurat BNPB Fajar Setyawan.

Selain itu, juga mendampingi Deputi Bidang Logistik dan Peralatan BNPB Zaherman Muabezi, Direktur Pengelolaan Logistik Peralatan BNPB Nadhirah Seha Nur dan Plt. Kepala Pusat Data Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Abdul Muhari dan jajaran pejabat BNPB serta pemerintah daerah setempat.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA