Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Faisal Basri: Biang Keladi Minyak Goreng karena Pemerintah Meninabobokan Pabrik Biodiesel

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/raiza-andini-1'>RAIZA ANDINI</a>
LAPORAN: RAIZA ANDINI
  • Kamis, 17 Februari 2022, 09:13 WIB
Faisal Basri: Biang Keladi Minyak Goreng karena Pemerintah Meninabobokan Pabrik Biodiesel
Ekonom senior Indef, Faisal Basri/Net
rmol news logo Kelangkaan minyak goreng yang saat ini terjadi tak lepas dari kebijakan pemerintah terkait minyak sawit mentah atau Crude Palm Oil (CPO).

Ada pergeseran besar dalam konsumsi minyak sawit mentah di dalam negeri yang sebelumnya didominasi industri pangan, kini menjadi industri biodiesel.

Menurut ekonom senior Faisal Basri, lonjakan tajam terjadi sejak 2020 dengan diterapkannya Program B20 (20 persen kandungan CPO dalam minyak biosolar).

"Biang keladi yang bikin kisruh minyak goreng ini pemerintah karena meninabobokan pabrik biodiesel," kata Faisal lewat keterangannya, Kamis (17/2).

Peniliti ekonomi dari Indef ini mengurai, konsumsi CPO untuk biodiesel naik tajam dari 5,83 juta ton tahun 2019 jadi 7,23 juta ton tahun 2020. Di sisi lain, konsumsi CPO untuk industri pangan turun dari 9,86 juta ton pada 2019 jadi 8,42 juta ton di 2020.

Pola konsumsi CPO dalam negeri seperti itu dinilai akan terus berlanjut dan diperkirakan porsi untuk biodiesel terus meningkat sejalan dengan peningkatan porsi CPO dalam biodiesel lewat Program B30 atau bahkan lebih tinggi lagi.

"Jadi karena wajib, konsumsinya naik, sawitnya kan tidak meningkat secepat kebutuhan biodiesel (jadi) diambil dari minyak goreng ini, industri pangan ini,” ujarnya.

Faisal menyebut, pengusaha lebih cenderung menyalurkan CPO-nya ke pabrik biodiesel karena pemerintah menjamin perusahaannya tidak bakal merugi.

"Sekarang pemerintah lebih mengedepankan buat energi, buat perut urusan belakangan. Makanya buat energi dimanja, buat perut tidak dimanja," imbuhnya.

Dia meminta pemerintah tidak menyalahkan para pengusaha terkait kelangkaan minyak goreng di pasaran ini. Justru, pemerintah harus berbenah dalam seluruh kebijakannya.

"Pengusaha akan mencari bidang yang untungnya lebih banyak, yaitu kalau dia jual ke biodiesel. Yang membuat seperti itu siapa? Ya pemerintah. Jadi pemerintah ini salah kelola, pemerintah yang tidak bisa memerintah," tandasnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA