Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Jazilul Fawaid: Manfaatkan Kemajuan Teknologi untuk Perbaikan Kualitas Hidup

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/raiza-andini-1'>RAIZA ANDINI</a>
LAPORAN: RAIZA ANDINI
  • Kamis, 17 Februari 2022, 21:54 WIB
Jazilul Fawaid: Manfaatkan Kemajuan Teknologi untuk Perbaikan Kualitas Hidup
Wakil Ketua MPR Jazilul Fawaid /Net
rmol news logo Era Revolusi Industri 4.0 ditandai dengan kemajuan teknologi yang begitu dahsyat, terutama di bidang teknologi informasi dan digitalisasi.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Kemajuan teknologi di satu sisi akan memberikan banyak kemudahan, namun di sisi lain juga bisa memberikan dampak buruk bagi kehidupan manusia.

Demikian dikatakan Wakil Ketua MPR Jazilul Fawaid menanggapi kemajuan teknologi masa kini yang berkembang sangat pesat dalam kegiatan Sosialisasi dan Stadium General Penguatan 4 Pilar Kebangsaan di Era Revolusi Industri 4.0 di Kampus STAI DDI, Kabupaten Pinrang, Sulawesi Selatan Kamis (17/3).

Gus Jazil mengatakan, kemajuan teknologi harus berdampak pada perbaikan kehidupan manusia yang lebih berkualitas.

"Sumber keburukan begitu banyak kita temukan di media sosial (medsos). Sumber kepintaran juga ada medsos. Pornografi juga marak di medsos. Teknologi bisa jadi kekuatan, sekaligus daya rusak ketika kita tidak mampu mengontrol," ujar Gus Jazil.

Gus Jazil mencontohkan, manfaat positif dari kemajuan teknologi informasi saat ini. Misalnya, banyak penceramah agama yang menggunakan media sosial YouTube sebagai media dakwah yang cukup efektif.

Ia berharap, kelompok pemuda dan para ulama harus punya channel youtube untuk berdakwah, berdagang secara online

"Banyak kemajuan lewat online. Adanya pandemi Covid-19 mempercepat berkembangnya penggunaan teknologi digital. Bahkan belajar mengajar kini banyak online. Tutorial apapun ada semua. Ini semua, tool teknologi yang mempermudah hidup kita," urainya.

Namun, Gus Jazil menekankan agar mudahnya akses teknologi digital harus tetap berpegang teguh pada nilai-nilai Pancasila.

"Kelihatannya teknologi makin canggih, tapi ilmu yang dimiliki tidak semakin banyak. Ini tantangan generasi muda. Teknologi harus mampu untuk memperbaiki kehidupan yang lebih berkualitas," tutupnya.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA