Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Paripuna DPR Sahkan 7 Komisioner KPU dan 5 Anggota Bawaslu Terpilih

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/faisal-aristama-1'>FAISAL ARISTAMA</a>
LAPORAN: FAISAL ARISTAMA
  • Jumat, 18 Februari 2022, 10:29 WIB
Paripuna DPR Sahkan 7 Komisioner KPU dan 5 Anggota Bawaslu Terpilih
Tangkapan layar Sidang Paripurna DPR/Net
rmol news logo DPR RI resmi mengesahkan tujuh orang Komisioner KPU RI terpilih dan lima orang Komisioner Bawaslu RI terpilih untuk periode 2022 hingga 2027.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Pengesahan itu dilakukan dalam Rapat Paripurna DPR RI ke-16 Masa Persidangan III Tahun Sidang 2021-2022, pada Jumat (18/2).

Mulanya, Ketua Komisi II DPR RI Ahmad Doli Kurnia menyampaikan hasil uji kelayakan dan kepatutan atau fit and proper test calon anggota KPU-Bawaslu RI periode 2022 hingga 2027 di hadapan peserta Rapat Paripurna.

"Syukur alhamdulillah Komisi II DPR RI telah melaksanakan seluruh tahapan seleksi calon anggota KPU RI dan calon anggota Bawaslu RI masa jabatan 2022-2027 yang dilaksanakan secara terbuka, transparan dan disaksikan oleh seluruh masyarakat di seluruh Indonesia baik secara langsung maupun melalui media elektronik," kata Doli di Ruang Rapat Paripurna DPR RI, Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta.

Selanjutnya, Doli meminta izin untuk mengumumkan 7 nama yang terpilih dari 14 nama calon anggota KPU RI dan 5 nama terpilih dari 10 calon anggota Bawaslu RI dalam rapat paripurna hari ini.

"Untuk mendapat pengesahan bersama yang selanjutnya akan disampaikan kepada Presiden RI, untuk segera dilantik menjadi anggota KPU Bawaslu masa jabatan 2022-2027," kata Doli.

Kemudian, Ketua DPR RI Puan Maharani sebagai pimpinan Rapat Paripurna meminta persetujuan para anggota dewan yang hadir secara fisik maupun virtual mengenai hasil fit and proper test calon anggota KPU-Bawaslu RI periode 2022 hingga 2027 tersebut.

"Sidang dewan yang kami hormati, sekarang perkenankan kami menanyakan kepada sidang dewan yang terhormat apakah laporan Komisi II terhadap hasil uji kelayakan dan kepatutan calon anggota KPU dan Bawaslu masa jabatan tahun 2022-2027 dapat disetujui?" kata Puan.

"Setuju," sahut seluruh peserta Rapat Paripurna.

Berikut nama-nama ketujuh anggota KPU RI terpilih itu; Betty Epsilon Idroos, Hasyim Asy'ari, Mochammad Afifuddin, Parsadaan Harahap, Yulianto Sudrajat, Idham Holik, dan August Melaz.

Sementara, untuk kelima nama Bawaslu RI terpilih yakni Lolly Suhenty, Puadi, Rahmat Bagja, Totok Haryono, dan Herwyn Jefler Hielsa Malonda. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA