Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

PKS Tidak Ingin Biaya Haji Terlalu Tinggi

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/jamaludin-akmal-1'>JAMALUDIN AKMAL</a>
LAPORAN: JAMALUDIN AKMAL
  • Minggu, 20 Februari 2022, 06:54 WIB
PKS Tidak Ingin Biaya Haji Terlalu Tinggi
Anggota Komisi VIII DPR RI Bukhori Yusuf/Net
rmol news logo Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) berkomitmen tinggi dalam memperjuangkan biaya haji yang terjangkau dan rasional bagi para calon jemaah.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Penegasan ini disampaikan langsung anggota Komisi VIII DPR RI Bukhori Yusuf dalam menanggapi usulan sulan pemerintah terkait biaya perjalanan ibadah haji (Bipih) yang kini mencapai Rp 45 juta.

Sejauh ini, katanya, angka tersebut baru sebatas usulan pemerintah dan belum dibahas mendalam oleh panitia kerja DPR.

“Fraksi PKS di Komisi VIII DPR tentunya berharap agar biaya haji pada tahun ini, jika jadi dilaksanakan, dapat lebih rasional dan terjangkau oleh masyarakat,” kata Bukhori kepada wartawan, Minggu (20/2).

Ketua DPP PKS ini menyatakan Komisi VIII DPR RI akan kembali melakukan pendalaman lebih lanjut terkait dengan biaya haji tahun 2022M/1443H dalam agenda rapat kerja dengan Kementerian Agama dalam waktu dekat.

Terlebih, Kementerian Agama juga belum menyampaikan usulan Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) kepada Komisi VIII DPR dan baru sebatas usulan biaya perjalanan ibadah haji (Bipih) yang telah dipaparkan.

Pihaknya meminta agar Kementerian Agama segera menyampaikan usulan BPIH karena merupakan instrumen penting dan basis dalam menemukan angka Bipih.

“Saat pembahasan dengan Menteri Agama, kami akan coba pastikan secara detail terkait komponen apa saja yang membuat biaya haji naik cukup tinggi. Pasalnya, perlu diakui bahwa kenaikan ini cukup memberatkan bagi sebagian calon jemaah haji,” tutupnya.

Biaya haji tahun 2022 lebih tinggi dibandingkan dua tahun sebelumnya. Pada tahun 2020, biaya haji berada pada kisaran Rp 31 hingga 38 juta, sementara pada tahun 2021 meningkat menjadi Rp 44,3 juta. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA