Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Pimpinan Komisi IV: Kedelai Isu Tahunan yang Harus Cepat Diobati

LAPORAN: RAIZA ANDINI
  • Senin, 21 Februari 2022, 18:25 WIB
Pimpinan Komisi IV: Kedelai Isu Tahunan yang Harus Cepat Diobati
Wakil Ketua Komisi IV DPR RI Dedi Mulyadi/Net
Komisi IV DPR RI kesal dengan sikap Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi yang tidak mau berdiskusi dengan parlemen soal kenaikan harga kedelai yang dikeluhkan pengrajin dan pedagang tahu dan tempe.

Wakil Ketua Komisi IV DPR RI Dedi Mulyadi mengakui, parlemen memang tidak memiliki kewenangan untuk melakukan langkah teknis di lapangan. Sehingga beberapa hari lalu pihaknya telah melakukan rapat gabungan.

Sayangnya, kata Dedi, Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi tidak hadir sehingga rapat ditunda.

“Di rapat kemarin kita minta menteri perdagangan, menteri perindustrian dan menteri pertanian duduk bersama bicara dengan DPR agar seluruh langkahnya kita dan publik mengetahui," kata Dedi dalam keterangannya, Senin (21/2).

"Tapi kan kemarin Mendag tidak hadir, padahal ada ancaman mogok,” sesalnya.

Dikatakan legislator Partai Golkar ini, isu kedelai adalah isu klasik yang terus timbul tenggelam setiap tahun dengan dibarengi ancaman mogok para pedagang. Sehingga, hal ini harus segera ‘diobati’ mulai dari mengetahui sejak dini dan menyiapkan segala kebutuhan dasar produksi baik perencanaan impor atau tanam lokal.

“Itu diperlukan langkah efektif dan nyata dari Kemendag dan Kementan. Sehingga misal ada kesepakatan intervensi tanam tapi harus dijamin ada yang membeli itu kedelainya," terangnya.

Intervensi tani tanpa ada kepastian serapan kedelai, lanjutnya, justru akan menjadi bumerang yang merugikan petani.

"Sering kali petani mengalami kerugian karena menanam kedelai tapi dijual harga yang murah. Kita lihat banyak kedelai masih muda dibabat, dijualin untuk dimakan atau direbus,” katanya.

Dedi pun berharap pemerintah segera mengambil langkah dan membuka keran informasi pada publik. Supaya, tidak ada lagi persepsi saling menyalahkan terkait kelangkaan dan mahalnya harga kedelai di pasaran yang membuat pedagang tahu dan tempe mengancam mogok produksi.

“Kemudian kita harapkan pada rapat nanti bisa bicara secara terbuka antara Kementan dan Kemendag jangan saling menyalahkan. Kita buat perencanaan untuk tahun depan agar isu tahunan kedelai ini tidak lagi terjadi,” demikian Dedi.
EDITOR:

ARTIKEL LAINNYA