Sembilan Calon Presiden 2024
Sembilan Calon Presiden 2024
Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Dorong Guru Modernisasi Cara Mengajar, Ganjar Gelontorkan Bantuan Rp 107 Miliar bagi Ribuan Lembaga Pendidikan

LAPORAN: IDHAM ANHARI
  • Selasa, 22 Februari 2022, 00:58 WIB
Dorong Guru Modernisasi Cara Mengajar, Ganjar Gelontorkan Bantuan Rp 107 Miliar bagi Ribuan Lembaga Pendidikan
Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, memberikan bantuan secara simbolis kepada ribuan lembaga pendidikan/Ist
Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, mendorong para guru, terutama guru agama untuk menanamkan pendidikan karakter sejak dini. Tujuannya, agar anak-anak tak akan membedakan suku, agama, ras, dan antargolongan (SARA) dalam pergaulan.

“Kita titipkan seluruh guru agama, agama apapun. Yuk, kita berikan kepada anak-anak kita pendidikan moderasi beragama,” kata Ganjar di Gedung Monumen PKK, Ungaran, Semarang, Jateng, Senin (21/2).

“Agamanya bagus, terus kemudian pergaulan antaranak-anak terus bagus ya. Kalau mereka bisa bertemu dengan berbagai kelompok, suku, agama, ras, golongan dan tiap hari mereka bisa berkomunikasi dengan baik,” tambahnya.

Menurut Ganjar, pendidikan karakter sejak dini ialah investasi. Maka, Ganjar terus mendorong para guru supaya menanamkan modernisasi dalam mengajar.

“Ya, sehingga orang itu bergaul sehari-hari dengan tetangga kiri, kanan itu adanya seneng, dan saling menghormati,” terangnya.

Dalam kesempatan tersebut, Ganjar memberikan bantuan secara simbolis kepada para guru di Jawa Tengah sebesar kurang lebih Rp 107,1 miliar. Adapun bantuan tersebut diberikan kepada 2.201 lembaga pendidikan keagamaan.

“Oh ya, sekarang kita sudah mulai mencairkan mudah-mudahan ibadah keagamaan ini bisa dimanfaatkan untuk seluruh umat yang ada di Jawa Tengah,” papar Ganjar.

Bantuan itu nantinya bakal dibagi menjadi tiga tahap dalam setahun. Pencarian dana yang diberikan di antaranya kepada LPTQ Provinsi Jateng, Lembaga Pembinaan dan Pengembangan Pesta Paduan Suara Gerejani Katolik Daerah (LP3KD) Provinsi Jateng, Lembaga Pengembangan Pesparawi Daerah (LPPD) Provinsi Jateng, dan Lembaga Pengembangan Dharma Gita (LPDG).

“Dan hari ini mulai kita cairkan kurang lebih Rp2,1 miliar ini untuk 405 lembaga pendidikan keagamaan. Mudah-mudahan ini bisa membantu pendidikan keagamaan dalam rangka ya membangun pendidikannya lebih maju,” tandas Ganjar.
EDITOR: AGUS DWI

ARTIKEL LAINNYA