Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Sambut Baik Platform JAGA Kampus, Nadiem Makarim Minta Rektor Rancang Mata Kuliah Antikorupsi

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/jamaludin-akmal-1'>JAMALUDIN AKMAL</a>
LAPORAN: JAMALUDIN AKMAL
  • Rabu, 23 Februari 2022, 16:47 WIB
Sambut Baik Platform JAGA Kampus, Nadiem Makarim Minta Rektor Rancang Mata Kuliah Antikorupsi
Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Nadiem Makarim/Repro
rmol news logo Sambut baik platform Jaringan Pencegahan Korupsi (JAGA) Kampus yang di-launching Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Nadiem Makarim berharap perguruan tinggi merancang mata kuliah antikorupsi.

Hal itu disampaikan oleh Nadiem selaku Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi saat memberikan sambutan di acara Launching JAGA Kampus yang diselenggarakan KPK secara virtual, Rabu sore (23/2).

Di acara yang juga dihadiri oleh Wakil Ketua KPK Nurul Ghufron ini, Nadiem mengaku menyambut baik platform JAGA Kampus yang bertujuan untuk mencegah kasus korupsi di lingkungan pendidikan.

"Kami di Kemendikbud Ristek menyambut sangat baik kerjasama dengan KPK untuk mengembangkan platform Jaringan Pencegahan Korupsi dengan memanfaatkan JAGA Sekolah dan JAGA Kampus," ujar Nadiem.

JAGA Kampus, kata Nadiem, sudah terintegrasi dengan Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum (PTN BH) yang menampilkan data profil kampus, informasi tentang dosen, mahasiswa, prodi, serta menampilkan data pemasukan dan pengeluaran keuangan perguruan tinggi.

"Semua ini tujuannya untuk meningkatkan transparansi dan akuntabilitas perguruan tinggi kita, khususnya PTN BH yang sudah memiliki fleksibilitas dan kemerdekaan untuk mengatur manajemennya," kata Nadiem.

Nadiem berharap, ke depan, platform JAGA Kampus tidak hanya PTN BH, melainkan juga melibatkan semua kampus di Indonesia.

"Untuk para rektor dan pimpinan perguruan tinggi, saya berharap bahwa dengan adanya platform JAGA Kampus ini, Ibu dan Bapak makin tergerak untuk mewujudkan lingkungan kampus yang penuh dengan integritas, salah satu caranya adalah merancang mata kuliah antikorupsi untuk mahasiswa kita," tuturnya.

Harapannya, kata Nadiem, generasi muda Indonesia sudah punya kesadaran yang tinggi tentang pentingnya nilai integritas dalam kehidupan sebagai mahasiswa, maupun di masa depan nanti.

"Saya yakin upaya kita untuk membangun Indonesia yang bebas korupsi, bisa dimulai dari kampus yang bersih, transparan, dan akuntabel, mari bergerak serentak mewujudkan merdeka belajar, kampus merdeka," pungkas Nadiem. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA