Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Fenomena Dukungan Firli Cermin Ketidaktahuan Rakyat kalau Capres Ditentukan Parpol

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/idham-anhari-1'>IDHAM ANHARI</a>
LAPORAN: IDHAM ANHARI
  • Kamis, 24 Februari 2022, 21:50 WIB
rmol news logo Sejumlah dukungan terus bermunculan di pelosok tanah air kepada Ketua KPK Firli Bahuri agar maju sebagai calon presiden (Capres) pada Pilpres 2024 mendatang.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Menurut Direktur Eksekutif Kajian Politik Nasional (KPN) Adib Miftahul, fenomena dukungan itu merupakan bentuk kesadaran rakyat sekaligus ketidaktahuan mereka mengenai mekanisme seseorang bisa mencalonkan diri sebagai Capres dalam Pemilu.

“Mereka kan tidak tahu, mekanisme Pilpres bahwa Capres dan Cawapres dicalonkan Parpol (partai politik) atau gabungan Parpol dengan perolehan 20 persen kursi di DPR atau 25 persen perolehan suara sah pada Pemilu Legislatif,” kata Adib kepada Kantor Berita Politik RMOL, Kamis (24/2).

Namun menurut Adib, tidak ada yang salah dengan fenomena tersebut. Sebab, masyarakat dijamin serta dilindungi oleh Undang-undang untuk bebas menyuarakan aspirasinya.

“Idealnya suara ini terus didorong agar dapat didengar oleh pengambil keputusan di masing-masing partai politik,” demikian Adib.

Nama Ketua KPK RI Firli Bahuri belakangan ini mulai dibicarakan anggota masyarakat. Di beberapa kota bahkan sudah ada kelompok relawan yang dengan terbuka mengatakan mendukung Firli untuk maju dalam Pilpres 2024.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA