Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Sohibul Iman Khawatir Indonesia jadi Negara Gagal Kalau Jokowi Tiga Periode

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/idham-anhari-1'>IDHAM ANHARI</a>
LAPORAN: IDHAM ANHARI
  • Sabtu, 26 Februari 2022, 21:19 WIB
Sohibul Iman Khawatir Indonesia jadi Negara Gagal Kalau Jokowi Tiga Periode
Mantan Presiden PKS Sohibul Iman/Net
rmol news logo Mantan Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Sohibul Iman ikut sumbang pendapat soal wacana penundaan Pemilu 2024.

Pria yang kini menjadi Wakil Ketua Majelis Syuro PKS itu khawatir dengan dampak yang timbul jikalau masa jabatan Presiden Joko Widodo ditambah alias diperpanjang.

Menurut Sohibul, hal tersebut akan menjadi preseden buruk, lantaran bisa menjadi acuan presiden berikutnya dengan mudah mengubah konstitusi sesuai dengan kepentingannya.

“Ini membuat demokrasi kita makin sulit konsolidasi. Bisa jadi kita terjebak pada failed state (negara gagal). Semoga kita tidak main-main,” kata Sohibul dalam unggahan di akun Twitternya, Sabtu malam (26/2).

Sementara itu, pakar hukum tata negara Yusril Ihza Mahendra juga mengingatkan bahwa menunda Pemilu 2024 bisa memicu meluasnya konflik politik.

“Kalau asal tunda pemilu dan asal perpanjang masa jabatan para pejabat negara tersebut, tanpa dasar konstitusional dan pijakan hukum yang kuat, maka ada kemungkinan timbulnya krisis legitimasi dan krisis kepercayaan. Keadaan seperti ini harus dicermati betul, karena ini potensial menimbulkan konflik politik yang bisa meluas kemana-mana," ujar Yusril.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA