Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Muncul Dukungan Masyarakat kepada Firli Bukti Pemberantasan Korupsi Terus Berjalan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/idham-anhari-1'>IDHAM ANHARI</a>
LAPORAN: IDHAM ANHARI
  • Senin, 28 Februari 2022, 15:13 WIB
Muncul Dukungan Masyarakat kepada Firli Bukti Pemberantasan Korupsi Terus Berjalan
Kelompok nelayan di Probolinggo mendukung Firli Bahuri agar maju pada Pilpres 2024 mendatang/Ist
rmol news logo Fenomena dukungan dari berbagai elemen masyarakat agar Firli Bahuri maju pada pemilihan presiden dan wakil presiden pada Pemilu 2024 mendatang merupakan hal yang wajar.

Direktur Eksekutif Kajian Politik Nasional (KPN) Adib Miftahul berpendapat, meluasnya dukungan kepada Ketua KPK RI itu lantaran sosoknya yang dikenal tegas, dan membuktikan bahwa penanganan tindak pidana korupsi terus berjalan.

“Figur Firli dikenal tegas. Ini membuktikan bahwa penanganan korupsi terus berjalan. Makanya ketika ada sekelompok masyarakat mendukung firli untuk berkarir jauh lagi, berkat kinerja firli ini,” kata Adib kepada Kantor Berita Politik RMOL, Senin (28/2).

Disisi lain, lanjut Adib, fenomena dukungan itu merupakan bentuk kesadaran rakyat sekaligus ketidaktahuan mereka mengenai mekanisme seseorang bisa mencalonkan diri sebagai Capres dalam Pemilu.

“Mereka kan tidak tahu, mekanisme Pilpres bahwa Capres dan Cawapres dicalonkan Parpol (partai politik) atau gabungan Parpol dengan perolehan 20 persen kursi di DPR atau 25 persen perolehan suara sah pada Pemilu Legislatif,” ujarnya.

Meski demikian, tidak ada yang salah dengan fenomena tersebut. Sebab, masyarakat dijamin serta dilindungi oleh Undang-undang untuk bebas menyuarakan aspirasinya.

“Idealnya suara ini terus didorong agar dapat didengar oleh pengambil keputusan di masing-masing partai politik,” demikian Adib.

Nama Ketua KPK RI Firli Bahuri belakangan ini mulai dibicarakan anggota masyarakat. Di beberapa kota bahkan sudah ada kelompok relawan yang dengan terbuka mengatakan mendukung Firli untuk maju dalam Pilpres 2024.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA