Dimensy Mobile
Farah.ID
Dimensy
Farah.ID

Sikap PDIP Tegas, Perpanjangan Masa Jabatan Presiden Tidak Konstitusional

LAPORAN: RAIZA ANDINI
  • Selasa, 01 Maret 2022, 12:57 WIB
Sikap PDIP Tegas, Perpanjangan Masa Jabatan Presiden Tidak Konstitusional
Politisi senior PDI Perjuangan Hendrawan Supratikno/Net
Sikap PDI Perjuangan atas usulan penundaan Pemilu 2024 yang diwacanakan elite partai koalisi tidak goyah. Partai banteng moncong putih tetap konsisten dengan penolakan jika pemilu diundur.

Penegasan ini disampaikan langsung politisi senior PDI Perjuangan Hendrawan Supratikno saat berbincang dengan Kantor Berita Politik RMOL, Selasa (1/3).

Mulanya, Hendrawan dimintai konfirmasi perihal Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri yang marah besar dengan usulan ini.

Bahkan salah satu media menyebut bahwa sumber merek mendapati Megawati sempat menyampaikan kata-kata kasar dalam menolak perpanjangan jabatan presiden, yang menurutnya inkonstitusional. Seperti mengatakan “memang negara ini punya nenek moyangnya”.

Hendrawan tidak tahu persis kabar tersebut. Dia hanya memastikan bahwa sikap PDIP sesuai dengan pernyataan Sekjen Hasto Kristiyanto. Di mana dalam pernyataan itu, Hasto tegas menolak penundaan Pemilu 2024.

"Kalau kami berpedoman pada pernyataan Sekjen Hasto yang sudah jelas dan tegas,” ujarnya.

Hendrawan menambahkan, para kader PDIP sepakat bahwa penundaan pemilu tidak memiliki dasar hukum yang tetap.

"Usul penundaan atau perpanjangan masa jabatan, tidak memiliki dasar hukum, dan karenanya tidak konstitusional,” tutupnya.
EDITOR:

ARTIKEL LAINNYA