Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Masyarakat Butuh Figur yang Cakap Atasi Perekonomian, Peluang Airlangga Menang Pilpres Besar

LAPORAN: IDHAM ANHARI
  • Kamis, 03 Maret 2022, 18:50 WIB
Masyarakat Butuh Figur yang Cakap Atasi Perekonomian, Peluang Airlangga Menang Pilpres Besar
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto/Net
Konstalasi politik ke depan bakal berubah, diperkirakan dua tahun yang akan datang orientasi pemilih akan beralih pada kemampuan figur dalam mengatasi masalah perekonomian. Dengan begitu, peluang menang Airlangga Hartarto pada Pilpres 2024 mendatang sangat besar.

Demikian antara lain disampaikan pengamat politik dari Universitas Pamulang Syam Batubara kepada wartawan di Jakarta, Rabu (3/3).

Syam mengatakan selama kurun waktu setelah terjadinya Pandemi Covid-19, kondisi perekonomian nasional sangat tidak menggembirakan.

“Untuk itu dibutuhkan seorang figur yang mampu membangkitkan kondisi perekonomian nasional. Kemampuan itu ada pada Airlangga yang memang selama ini dikenal piawai dalam menangani masalah ekonomi. Apalagi posisinya yang saat ini menjabat Menteri Perekonomian,” ujarnya.

Apalagi menurut Dosen Ekonomi dan Bisnis Universitas Pamulang ini, Airlangga dibesarkan oleh seorang ayah yang di masa pemerintahan Orde Baru ikut membangun perekonomian Indonesia dalam Kabinet Pembangunan yang dipimpin mantan Presiden Soeharto.

Kemudian saat ini dia juga dipercaya oleh pemerintahan Jokowi untuk menjaga perekonomian nasional agar tetap stabil di tengah keterpurukan akibat pandemi.

“Jadi sudah sangat wajar apabila nantinya masyarakat banyak yang menginginkan pemimpin yang mampu mengatasi persoalan ekonomi yang mendera dunia termasuk Indonesia. Saya kira masyarakat sudah semakin cerdas dalam memilih siapa yang akan menjadi pemimpinnya pada 2024 mendatang. Tidak lagi akan memilih pemimpin yang hanya sekadar pintar menyampaikan jargon-jargon politik, tapi bagaimana mampu mengatasi kondisi perekonomian Indonesia,” tandasnya.

Untuk itu menurut Syam Batubara sangat tepat apabila survei yang dilakukan oleh Riset Citra Network Nasional (CNN) kembali menempatkan Partai Golkar di posisi pertama. Begitu juga Ketua Umum Airlangga Hartarto sebagai Top Of Mind.

Selain kapasitas Airlangga yang mumpuni untuk memimpin Indonesia pada 2024-2029 mendatang, dengan menempatkan Partai Golkar di posisi pertama tidak diragukan lagi. Karena Golkar merupakan gudangnya kader-kader nasional yang berkualitas pada semua lini pemerintahan.

Sebelumnya Direktur Eksekutif CNN Dwi Harini Soejono menjelaskan, pihaknya menggelar riset untuk memperoleh informasi dan data sebagai basis analisis persoalan menggunakan metode field study.

Hal itu untuk mengumpulkan data primer melalui wawancara mendalam (indepth interview) dengan institusi dan stakeholders yang relevan. Metode ini memiliki kelebihan pada kemampuan dalam menggali detail aspek partisipasi dan preferensi masyarakat dalam Pemilu 2024.

Hasil penelitian, apabila pemilu presiden dilaksanakan hari ini (Top Of Mind) hasil temuan penelitian dengan pertanyaan siapakah tokoh yang Anda pilih jika “Pemilu Presiden Dilaksanakan Hari ini” maka peringkat pertama Airlangga Hartarto dipilih 21,8 persen responden, kedua Prabowo Subianto 15,3 persen, dan ketiga Ganjar Pranowo 8,1persen responden.

Selanjutnya Anies Baswedan yakni 7,5 persen, Gatot Nurmantyo 6,9 persen, Puan Maharani 6,1 persen, Muhaimin Iskandar 2,8 persen , Agus Harimurti Yudhoyono 2,7 persen, Erick Thohir 2,1 persen, Sandiaga Uno 1,8 persen, dan terakhir yang tidak memilih 24,9 persen responden.

EDITOR:

ARTIKEL LAINNYA