Sembilan Calon Presiden 2024
Sembilan Calon Presiden 2024
Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Angkat Peran Aktivis 98 di Forum G20, Firli Bahuri: Karena Mereka KPK Ada

LAPORAN: IDHAM ANHARI
  • Jumat, 04 Maret 2022, 17:49 WIB
Angkat Peran Aktivis 98 di Forum G20, Firli Bahuri: Karena Mereka KPK Ada
Ketua KPK Firli Bahuri saat menjadi keynote speaker di acara Kick Off G20 Anti-Corruption Working Group (ACWG) yang dilanjutkan dengan acara Presidensi G20: Kuatkan Komitmen Bersama Berantas Korupsi, Jumat sore (4/3)/Net
Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri mengangkat peran aktivis 98 saat menjadi keynote speaker Kick Off G20 Anti-Corruption Working Group (ACWG).

Firli menyampaikan terima kasih atas peran dan sumbangsih para aktivis itu lantaran gerakan reformasi tahun 1998 melalui aksi mahasiswa dan rakyat membuat bangsa Indonesia terbebas dari lilitan praktik-praktik korupsi. Dan salah satu buah dari reformasi ialah adanya lembaga KPK.

“Saya memang memberikan apresiasi dan penghargaan kepada pahlawan reformasi dan aktivis reformasi 98. Karena mereka, lembaga KPK ada,” kata Firli kepada Kantor Berita Politik RMOL ikhwal apresiasi itu, Jumat sore (4/3).

Dalam kesempatan itu Firli juga menyampaikan road map pemberantasan korupsi 2022-2045, dan terkait perkembangan praktik korupsi mulai dari pre- modern corruption, modern corruption and post modern corruption.

“KPK harus menyiapkan itu, supaya Indonesia bisa bebas dari korupsi dan Indonesia menjadi negara yang berpendapat menengah (middle income country) dan Indonesia menjadi kekuatan ekonomi dunia,” terangnya.

Guna mewujudkannya, selain memastikan Indonesia terbebas dan bersih dari praktik korupsi, Firli mengajak seluruh rakyat Indonesia bersama-sama merapatkan barisan, bersatu padu dalam menyusun rencana strategi pemberantasan korupsi, baik yang dilakukan oleh KPK bekerjasama dengan seluruh elemen masyarakat.

“Untuk itu perlu konsep yang kami tawarkan, orkestrasi pemberantasan korupsi,” tekan dia.

Dalam forum yang merupakan rangkaian Presidensi G20 ini, Firli juga menyampaikan tiga strategi pemberantasan korupsi KPK yakni Trisula Pemberantasan Korupsi yang dikaitkan dengan empat vocal point agar diangkat pada forum Anti-Corruption Working Group (ACWG) G20 tersebut.
EDITOR: IDHAM ANHARI

ARTIKEL LAINNYA