Sembilan Calon Presiden 2024
Sembilan Calon Presiden 2024
Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Menteri Trenggono Lantik Irjen Victor Gustaaf Manoppo sebagai Dirjen PRL, Kenapa Pati Polri?

LAPORAN: ANGGA ULUNG TRANGGANA
  • Sabtu, 05 Maret 2022, 03:29 WIB
Menteri Trenggono Lantik Irjen Victor Gustaaf Manoppo sebagai Dirjen PRL, Kenapa Pati Polri?
Menteri KKP Wahyu Sakti Trenggono saat lantik pejabat baru di KKP, salah satunya Irjen Pol Victor Gustaaf Manoppo/Ist
Setelah 2 perwira tinggi bergabung Kelautan dan Perikanan (KKP), Menteri KKP Sakti Wahyu Trenggono melantik Irjen Victor Gustaaf Manoppo, sebagai Direktur Jenderal Pengelolaan Ruang Laut (PRL).

Selain itu, I Nyoman Radiarta sebagai Kepala Badan Riset dan Sumber Daya Manusia Kelautan dan Perikanan.

Menteri Trenggono menjelaskan, tiga program prioritas KKP meliputi penerapan kebijakan penangkapan terukur berbasis kuota, pengembangan budidaya perikanan yang berorientasi ekspor dengan komoditas unggulan antara lain udang, lobster, kepiting, dan rumput laut.

Kemudian pembangunan kampung perikanan budidaya berbasis kearifan lokal untuk menjaga komoditas perikanan bernilai ekonomis tinggi dari kepunahan serta untuk pengentasan kemiskinan.

"Saya berharap semua Pejabat Tinggi Madya, Pimpinan Tinggi Pratama yang dilantik pada hari ini dapat mengawal tiga Program Prioritas dengan baik dan saling bersinergi dan berkolaborasi untuk mencapai target kinerja utama yang telah ditetapkan," terang Menteri Trenggono, Jumat (4/3).  

Menteri Trenggono menyampaikan pesan khusus kepada para pejabat yang dilantik, mulai dari pemantauan optimal terhadap aktivitas menetap di ruang laut, pengawalan revisi UU Cipta Kerja, peningkatan kualitas sumber daya manusia terutama pendidikan vokasi yang ditujukan kepada nelayan.

Bekas tim sukses pemenangan Jokowi-Maruf Amin ini menyebutkan penguatan kolaborasi untuk memajukan usaha nelayan, pembudidaya, pengolah, pemasar, dan petambak garam, serta mengoptimalkan aset-aset yang telah  dibangun oleh KKP.

"Kita harus segera berlari kencang, kita harus dapat menunjukkan bahwa Kementerian Kelautan dan Perikanan adalah kementerian yang besar, yang dapat membuktikan kontribusi positif yang signifikan kepada negara," tegas Menteri Trenggono.

Dengan pelantikan Perwira Tinggi Polri aktif Victor bergabung, ada 2 lainnya yang juga berasal dari Pati.

Sebelumnya pada 16 Agustus tahun lalu, Laksamana Muda TNI Adin Nurawaluddin sebagai Direktur Jenderal Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan (PSDKP).

Antam Novambar juga mengemban amanah saat ini juga menjabat Sekjen KKP. Antam Novambar ada di KKP sejak sebelum pensiun dari Korps Bhayangkara.

Kantor Berita Politik RMOL mencoba konfirmasi apa dasar memasukkan jajaran perwira tinggi aktif sebagai jajaran Eselon I KKP.

Jurubicara KKP Wahyu Muryadi tidak merespons detail terkait alasan menunjuk Pati aktif sebagai bagian dari KKP.

ARTIKEL LAINNYA