Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Kolaborasi dengan AAYG, Kemenlu RI: Pemerintah Perlu Dukungan Civil Society dalam Melakukan Multi-track Diplomacy

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-kiflan-wakik-1'>AHMAD KIFLAN WAKIK</a>
LAPORAN: AHMAD KIFLAN WAKIK
  • Sabtu, 05 Maret 2022, 15:29 WIB
Kolaborasi dengan AAYG, Kemenlu RI: Pemerintah Perlu Dukungan <i>Civil Society</i> dalam Melakukan <i>Multi-track Diplomacy</i>
Direktur Diplomasi Publik Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) RI, Yusron B. Ambary/Net
rmol news logo Kementerian Luar Negeri siap berkolaborasi dengan generasi Muda dalam misi mensukseskan diplomasi publik Indonesia di kancah internasional.

Direktur Diplomasi Publik Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) RI, Yusron B. Ambary menngatakan, diplomasi itu salah satunya akan dijalin bersama Kongres Pemuda Asia Afrika atau Asian African Youth Government (AAYG).

Kolaborasi ini, kata Yusron, untuk menyukseskan diplomasi publik Indonesia di kancah internasional, khususnya di regional Asia dan Afrika.

“Pastinya para pemuda memiliki keinginan untuk berkontribusi dalam kegiatan diplomasi publik. Maka kami menyambut baik hal itu, untuk berkolaborasi,” ujar Yusron B. Ambary dalam keterangannya, Sabtu (5/3).

Yusron menyampaikan, pada prinsipnya pemerintah memerlukan dukungan berbagai elemen dalam menjalankan diplomasi publik di luar negeri.

Menurutnya, persoalan diplomasi bukan hanya pemerintah yang berperan tetapi juga pihak lain sebagaimana dalam muatan multi-track diplomacy.

“Pemerintah membutuhkan bantuan dari civil society untuk melakukan kegiatan multi-track. AAYG sebagai non-government actor sangat luar biasa bisa melakukan aktivitas diplomasi tanpa digaji, berbeda dengan government. Itu perlu diapresiasi dan didukung agar terus berlanjut,” katanya.

Yusron juga mengajak AAYG agar bisa berpartisipasi dan terlibat dalam agenda Bali Democracy Student Conference. Dia berharap AAYG bisa mengajak anggotanya di seluruh dunia untuk ikut Bali Democracy Student Conference.

“Saya sangat senang apabila AAYG dapat terlibat termasuk diBali Democracy Student Conference. Kemenlu siap support aktivitas AAYG kedepannya,” pungkasnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA