Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Teringat Taufiq Kiemas, Syahrial Demokrat: Mungkinkah Pengusul Jabatan Presiden Diperpanjang Terinspirasi Ide Ruhut?

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/faisal-aristama-1'>FAISAL ARISTAMA</a>
LAPORAN: FAISAL ARISTAMA
  • Senin, 07 Maret 2022, 10:25 WIB
Teringat Taufiq Kiemas, Syahrial Demokrat: Mungkinkah Pengusul Jabatan Presiden Diperpanjang Terinspirasi Ide Ruhut?
Mantan Ketua MPR RI Taufik Kiemas dan Presiden keenam RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY)/Net
rmol news logo Wacana penundaan Pemilu 2024 terus menjadi perbincangan kelompok elite hingga aktivis politik di negeri ini. Tepatnya setelah Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar dan Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan menyampaikan usulan tersebut secara terbuka.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Usulan yang akan berbuntut perpanjangan masa jabatan Presiden Joko Widodo ini membuat Deputi Balitbang DPP Partai Demokrat teringat komentar dari mantan Ketua MPR RI Taufik Kiemas.

Pada Agustus 2010 lalu, Taufiq Kiemas tegas menolak ide perpanjangan masa jabatan presiden yang disampaikan mantan kader Demokrat Ruhut Sitompul.

Oleh almarhum suami Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri itu, apa yang disampaikan Ruhut Sitompul sebatas permainan saja.

"Main Pak Ruhut sendiri itu," ujar Taufik Kiemas di sela-sela acara buka bersama di kediaman pribadinya, Jalan Teuku Umar, Menteng, Jakarta Pusat, 19 Agustus 2010.

Dia tegas tidak setuju dengan ide dari Ruhut Sitompul yang kini menjadi kader PDIP. Alasannya, karena tidak sesuai dengan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 dan tidak ada celah lagi untuk diamandemen. Apalagi, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) kala itu juga menyatakan tidak mau.

Kembali ke Syahrial Nasution. Dia menduga para ketua umum parpol koalisi yang mendukung penundaan Pemilu 2024 terinspirasi dari Ruhut Sitompul.

“Mungkinkah 3 ketum parpol pengusul perpanjangan jabatan presiden terinspirasi ide usang pendukung Pak Jokowi, Ruhut Sitompul?” tanyanya lewat akun Twitter pribadi, Minggu (6/3).

Syahrial menekankan bahwa Taufik Kiemas sudah jauh-jauh hari memperingatkan akan ancaman dari ide usang ini.

Terakhir, Syahrial turut memanjatkan doa untuk Taufik Kiemas.

“Ketua MPR abangda Taufiq Kiemas (alm) jauh-jauh hari sudah memperingatkan bangsa ini. Termasuk soal usul Ruhut. Alfatihah untuk Bang TK,” tutupnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA