Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Bandara Juanda Dibuka untuk Jamaah Umrah, Khofifah: Ini Akan Jadi Spirit Kebangkitan Ekonomi Jawa Timur

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/idham-anhari-1'>IDHAM ANHARI</a>
LAPORAN: IDHAM ANHARI
  • Sabtu, 12 Maret 2022, 19:08 WIB
Bandara Juanda Dibuka untuk Jamaah Umrah, Khofifah: Ini Akan Jadi Spirit Kebangkitan Ekonomi Jawa Timur
Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa/Net
rmol news logo Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan secara resmi mengizinkan pemberangkatan ibadah umrah dan perjalanan luar negeri melalui Bandara Internasional Juanda, Sidoarjo, Jawa Timur.

Kepastian itu disampaikannya usai melakukan Rapat Koordinasi Pembukaan Bandara Juanda untuk Pelaku Perjalanan Luar Negeri (PPLN) termasuk umrah di Hotel JW Marriot Surabaya, Jumat (11/3).

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menyambut baik kembali dibukanya Bandara Juanda untuk perjalanan luar negeri termasuk umrah. Menurutnya, hal ini akan menjadi penguat dan spirit bagi kebangkitan ekonomi Jatim.

“Alhamdulillah Pak Menko Marves sudah memberikan lampu hijau pembukaan Bandara Juanda di Sidoarjo, Jawa Timur untuk penerbangan internasional termasuk umrah. Tentunya ini menjadi kabar baik bagi kita semua dan juga spirit kita untuk terus bangkit," kata Khofifah dalam keterangannya, Sabtu (12/3).

Khofifah mengatakan, usai disetujuinya pemberangkatan umrah melalui Bandara Juanda, dia akan segera melakukan koordinasi dengan seluruh pelaku maupun agen perjalanan haji dan umrah yang ada di Jatim.

“Kami akan segera menyiapkan langkah strategis dan melakukan identifikasi terkait SOP layanan umrah ini, baik keberangkatan maupun kepulangan. Apalagi, di tingkat pusat telah diputuskan tidak ada karantina kepulangan bila hasil PCR ketika tiba di tanah air negatif,” jelasnya.

Menurut Mantan Menteri Sosial itu, Pemprov Jatim bersama Pemkot Surabaya sendiri telah menyiapkan tempat karantina bagi para jamaah umrah yang tiba melalui Bandara Juanda.

“Nanti akan kami komunikasikan dengan Pak Walikota Surabaya. Rencananya Asrama Haji yang saat ini dipakai sebagai tempat isolasi terpusat jika sudah kosong agar dapat digunakan jamaah umrah jikalau nanti dibutuhkan,” terangnya.

Lebih lanjut, Khofifah mengatakan bahwa penyelenggaraan umrah di masa pandemi ini tetap harus mematuhi protokol kesehatan secara ketat, baik di tanah air maupun di Arab Saudi.

“Tentunya kami berharap protokol kesehatan tetap dilaksanakan secara ketat. Sehingga baik keberangkatan maupun pulang ke tanah air semua sehat, selamat dan lancar,” pungkasnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA