Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Menkominfo Targetkan BBPPT jadi Pusat Pengujian TIK Berstandar Dunia

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-satryo-1'>AHMAD SATRYO</a>
LAPORAN: AHMAD SATRYO
  • Rabu, 16 Maret 2022, 20:41 WIB
Menkominfo Targetkan BBPPT jadi Pusat Pengujian TIK Berstandar Dunia
Menkominfo Johnny G. Plate dalam jumpa pers Groundbreaking Pengembangan Pusat Pengujian Perangkat TIK di Tapos, Depok, Jawa Barat, Rabu (16/3).
rmol news logo Pembangunan Balai Besar Pusat Pengujian Telekomunikasi (BBPPT) Ditjen Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika (SDPPI) Kementerian Komunikasi dan Informatika bakal memperkuat akselerasi transformasi digital di Indonesia.

Begitu disampaikan Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Johnny Gerard Plate menyatakan komitmen untuk meningkatkan sinergi dengan pemangku kepentingan serta menerapkan standar global, terutama berkaitan dengan pengujian dan kalibrasi perangkat digital.

Menurut Johnny, peletakan batu pertama pembangunan Laboratorium Pusat Pengujian Perangkat Teknologi Informasi dan Komunikasi Kominfo menjadi langkah awal memperkuat transformasi digital Indonesia.

"Balai besar ini ingin kita upgrade, kita tingkatkan peran dan kemampuannya menjadi Laboratorium Pengujian TIK dengan standar global," ujar Johnny dalam jumpa pers Groundbreaking Pengembangan Pusat Pengujian Perangkat TIK di Tapos, Depok, Jawa Barat, Rabu (16/3).

Johnny menjelaskan, langkah pertama yang perlu dilakukan agar memiliki standar global dengan memastikan seluruh sistem informasi pengujian dan kalibrasi menjadi terintegrasi, otomatisasi dan digital.

Mantan Anggota DPR RI Fraksi Partai Nasdem ini bahkan menargetkan BBPPT menjadi Pusat Pengujian Perangkat TIK yang memiliki kapabilitas dan kemampuan setara dengan world class testing.

"Saya mendukung terwujudnya BBPPT menjadi Pusat Pengujian Perangkat TIK berdasarkan kapabilitas dan kemampuan yang setara dengan world class testing," katanya.

Lebih lanjut, dia menjelaskan bahwa pengembangan Pusat Pengujian Perangkat TIK di Tapos, Depok, Jawa Barat akan menempati luas lahan sebesar 22,723 m2.

Lebih dari setengah bangunan akan menjadi fasilitas laboratorium uji berstandar internasional. Bangunan laboratorium akan dibangun sebanyak empat lantai dengan desain futuristik dan ramah lingkungan

Maka dari itu, Johnny memastikan bahwa BBPPT bakal menjalin kerja sama teknis dengan berbagai laboratorium di luar negeri di tingkat global. Sehingga menurutnya, peran aktif industri dalam mengembangkan, serta mengawal uji coba perangkat yang dihasilkan oleh para akademisi atau dunia perguruan tinggi.

"Pembangunan (gedung) ini menjadi tonggak sejarah  yang membawa energi positif untuk bisa makin bersinergi dengan seluruh stakeholders atau pemangku kepentingan, termasuk para pelaku industri di bidang telekomunikasi," demikian Johnny. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA