Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Sukses Gelar IPU ke-144, Indonesia Panen Pujian dari Parlemen Peserta

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/raiza-andini-1'>RAIZA ANDINI</a>
LAPORAN: RAIZA ANDINI
  • Kamis, 24 Maret 2022, 20:12 WIB
Sukses Gelar IPU ke-144, Indonesia Panen Pujian dari Parlemen Peserta
Ketua DPR RI Puan Maharani di sidang International Inter-Parliamentary Union (IPU) ke-144 di Bali/Net
rmol news logo Penyelengaaraan Inter Parliamentary Union (IPU) ke-144 di Nusa Dua, Bali meninggalkan kesan dan panen pujian dari para delegasi peserta sidang.

Para peserta sidang IPU memberikan apresiasi terhadap Indonesia sebagai tuan rumah yang sukses menyelenggarakan event internasional di tengah pandemi Covid-19.

Peran diplomasi dan kepemimpinan Indonesia juga menggugah para delegasi parlemen dari berbagai negara untuk meningkatkan kerjasama dengan parlemen Indonesia.

Dalam pidato penutupan IPU ke-144, Ketua DPR RI Puan Maharani mengatakan, Indonesia selaku tuan rumah memberi pesan penting tentang peran positif parlemen.

"Indonesia memberi pesan penting dalam permasalahan perubahan iklim, krisis global, HAM, perdamaian dunia, dan menghasilkan sebuah mediasi penyelesaian perang di Ukraina," kata Puan yang dikutip, Kamis (24/3).

Pujian pada kesuksesan IPU ke-144, diutarakan delegasi Parlemen Meksiko, Cyhthia Iliana López Castro. Dia memuji pidato Presiden RI Joko Widodo dan Ketua DPR RI Puan Maharani saat pembukaan Sidang Umum IPU.

Bagi dia, Indonesia telah menunjukkan diri sebagai negara yang sangat peduli dengan pandemi Covid-19, kesetaraan gender, perubahan iklim dan krisis di Ukraina.

Senada, delegasi parlemen dari Eropa juga menyampaikan apresiasinya kepada Indonesia karena mampu menunjukkan sikap kepimpinan selama sidang IPU berlangsung.

"Indonesia sebagai tuan rumah IPU telah memberikan layanan terbaik. Penyelenggaraan kegiatannya dipersiapkan secara matang," ujar Nadyan Essayan, mewakili Majelis Parlemen Perancis.

Sementara Sekretaris Delegasi Parlemen Mozambik, Jose Madroba mengatakan, pelaksanaan IPU ke-144 di Bali berjalan lancar. Termasuk juga, isu-isu strategis yang mambu dibahas dengan baik.

"Isu agresi Rusia ke Ukraina harus menjadi atensi bersama. Para delegasi sangat menghargai dan mendukung parlemen Indonesia yang bersama-sama dengan Selandia Baru mengajukan proposal perdamaian," pungkasnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA