Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Jokowi Kesal karena Banjir Impor, Daniel Johan: Bagaimana Maju bila Calo Sudah Mendarah Daging

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/raiza-andini-1'>RAIZA ANDINI</a>
LAPORAN: RAIZA ANDINI
  • Sabtu, 26 Maret 2022, 03:53 WIB
Jokowi Kesal karena Banjir Impor, Daniel Johan: Bagaimana Maju bila Calo Sudah Mendarah Daging
Politisi PKB Daniel Johan/Net
rmol news logo Presiden Joko Widodo kembali melontarkan kritik pedas kepada anak buahnya di kementerian yang menghamburkan uang negara untuk membeli produk impor.

Kejengkelan presiden dua periode karena banjir impor dilontarkan di hadapan publik saat acara pengarahan Aksi Afirmasi Bangga Buatan Indonesia di Bali pada Jumat pagi (25/3).

Menyikapi hal tersebut, politisi PKB Daniel Johan menyampaikan bahwa ketergantungan Indonesia terhadap produk impor tidak bisa dipungkiri. Menurut Daniel, kekesalan Presiden Jokowi yang disampaikan secara terbuka merupakan sikap yang wajar.

Kata Politisi PKB itu, Jokowi kesal karena selama ini pemerintah kerap mengampanyekan untuk mencintai produk dalam negeri.

"Rezim impor kan memang kuat menguasai republik ini, bagaimana industri nasional bisa maju bila mental calo sudah mendarah daging seperti itu,” tegas Daniel ketika berbincang dengan Kantor Berita Politik RMOL, Jumat (25/3).

Dia menambahkan, pemerintah harus mampu mengendalikan produk impor yang masuk ke Indonesia dan mengembangkan produk lokal agar dapat berkembang.

“Harus ada gerakan sistematis untuk mengubah semua ini, di Indonesia itu impor lebih gampang ketimbang ekspor,” imbuhnya.

Menurutnya, banyak bahan baku di Indonesia yang kerap dijual di pasaran luar negeri. Namun, yang terjadi para pengusaha justru tidak mau menjualnya di dalam negeri.

“Sekalinya mudah justru yang diekspor adalah bahan baku yang semakin menjauhkan Indonesia memiliki industri yang kuat,” tutupnya.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA