Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Mengenang Setahun Wafatnya Rais Abin, Jenderal TNI di Balik Perjanjian Camp David

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/diki-trianto-1'>DIKI TRIANTO</a>
LAPORAN: DIKI TRIANTO
  • Sabtu, 26 Maret 2022, 11:22 WIB
Mengenang Setahun Wafatnya Rais Abin, Jenderal TNI di Balik Perjanjian Camp David
Letjen TNI (Purn) Rais Abin/Net
rmol news logo Tepat satu tahun sudah Indonesia kehilangan sosok Letjen TNI (Purn) Rais Abin. Ketua Umum Kehormatan Dewan Pimpinan Pusat Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) itu wafat pada Kamis, 25 Maret 2021 silam.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Pihak keluarga dan kerabat pun telah menggelar peringatan satu tahun wafatnya Rais Abin pada Jumat (25/3) kemarin.

"Acara peringatan satu tahun wafatnya Bapak Rais Abin telah dilaksanakan kemarin pukul 19.00WIB secara virtual dengan zoom meeting," kata pendiri Pusat Studi Air Power Indonesia, Chappy Hakim kepada redaksi, Sabtu (26/3).

Dalam kegiatan tersebut, turut hadir beberapa tokoh bangsa, seperti Wakil Presiden ke-6 RI, Jenderal TNI (Purn), Try Sutrisno; Ketua LVRI, Mayjen TNI (Purn) Saiful Sulun; Jenderal TNI, (Purn) Agum Gumelar; dan Marsekal Muda TNI (Purn) F.X. Soejitno.

Acara tersebut diawali dengan sambutan dari pihak keluarga dan dilanjutkan dengan pembacaan surat Yasin oleh Saudara Yanwar Yusuf Rukmana. Sementara itu, ceramah disampaikan oleh Mayjen TNI (Purn) Ahmad Yani Basuki.

Mewakili keluarga dan kolega, Saiful Sulun mengutarakan bahwa sosok almarhum sangat berperan penting dalam upaya perdamaian di Timur Tengah ketika bertugas sebagai Komandan Pasukan PBB.

Hal tersebut tercermin dengan nada yang jelas pada kutipan surat telegram dari Sekjen PBB Kurt Waldheim saat Rais Abin mengakhiri tugasnya.

"Acara berlangsung tertib, aman, dan lancar, serta ditutup dengan sesi khusus yaitu pemutaran video â€œOpa dalam Kenangan”. Sebuah persembahan dari putra-putri dan cucu-cucu almarhum," demikian Chappy Hakim.

Rais Abid merupakan Jenderal TNI yang berperan di balik tercapaianya pejanjian perdamaian antara Mesir dan Israel, yang dikenal dengan perjanjian Camp David tanggal 17 September 1979.

Kala itu, Rais Abis adalah Force Commander United Nations Emergency Forces (UNEF) II, Panglima Misi Perdamaian PBB di Semenanjung Sinai tahun 1976-1979, yang mengawasi gencatan senjata Israel- Mesir. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA