Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Singgung Keluhan Jokowi, Bhima Yudhistira: Pakai Dulu Lah Gesit dan Esemka Jadi Kendaraan Dinas

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/jamaludin-akmal-1'>JAMALUDIN AKMAL</a>
LAPORAN: JAMALUDIN AKMAL
  • Minggu, 27 Maret 2022, 07:23 WIB
Singgung Keluhan Jokowi, Bhima Yudhistira: Pakai Dulu Lah Gesit dan Esemka Jadi Kendaraan Dinas
Direktur Center of Economic and Law Studies (Celios), Bhima Yudhistira/Net
rmol news logo Keluhan Presiden Joko Widodo pada instansi pemerintah yang tidak menggunakan produk dalam negeri terus mendapat kritik dari publik. Bahkan ada juga yang meminta Presiden Joko Widodo untuk memberi contoh nyata dan tidak sekadar retorika belaka.

Permintaan itu seperti disampaikan Direktur Center of Economic and Law Studies (Celios), Bhima Yudhistira saat menjadi narasumber di TV One, beberapa waktu lalu.

Dia meminta agar Presiden Joko Widodo tidak sebatas mengajak. Harus ada contoh nyata agar bisa diikuti langsung oleh rakyat.

Dia lantas mengambil contoh di bidang otomotif. Menurutnya ada dua produk dalam negeri yang perlu didukung produksinya oleh pemerintah, yaitu motor Gesit dan mobil Esemka.

“Ada Gesit, ada Esemka, pakai dulu lah jadi kendaraan dinas kepresidenan, kendaraan dinas kementerian/lembaga sampai kepala daerah. ASN-nya sudah (harus) pakai Gesit dan Esemka,” tuturnya dalam video wawancara yang dikutip redaksi, Minggu (27/3).

Menurutnya, langkah nyata jauh lebih penting daripada retorika. Sebab, ada ironi yang terus terjadi di negeri ini. Seperti keinginan pemerintah agar UMKM melakukan ekspor. Padahal di dalam negeri saja barang mereka tidak pernah diberi kesempatan tampil.

“Ini barang berkualitas tinggi, tapi pemerintah tidak mau jadikan sebagai barang dan jasa mereka. Ironi seperti ini yang harus dipatahkan. Jangan hanya marah atau kesel atau curhat,” tutupnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA