Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Pertemuan AHY-Surya Paloh Berlangsung Hangat, Koalisi Pemerintah Mulai Terpencar?

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/angga-ulung-tranggana-1'>ANGGA ULUNG TRANGGANA</a>
LAPORAN: ANGGA ULUNG TRANGGANA
  • Rabu, 30 Maret 2022, 05:57 WIB
Pertemuan AHY-Surya Paloh Berlangsung Hangat, Koalisi Pemerintah Mulai Terpencar?
Direktur Eksekutif Institute for Democracy & Strategic Affairs (Indostrategic) Ahmad Khoirul Umam/RMOL
rmol news logo Pertemuan politik antara Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dan Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh yang berlangsung hangat memunculkan tafsir politik yang beragam.

Direktur Eksekutif Institute for Democracy & Strategic Affairs (Indostrategic) Ahmad Khoirul Umam berpendapat, dengan pertemuan AHY-Surya Paloh makin menguatkan dugaan kekuatan koalisi pemerintahan mulai terpencar.

Lebih lanjut, Umam menganalisa, jika nantinya ada kesepakatan politik antara tokoh sentral oposisi dengan tokoh utama dalam koalisi pemerintahan, maka hal itu mengindikasikan adanya retakan faksionalisme di dalam tubuh koalisi pemerintahan.

"Belakangan, wujud faksionalisme itu terkonfirmasi lewat adanya perbedaan pandangan di antara pimpinan partai-partai politik di dalam pemerintahan, terkait wacana penundaan Pemilu dan wacana perpanjangan periode presiden," demikian analisa Umam kepada Kantor Berita Politik RMOL, Selasa (29/3).

Dalam catatan Umam, perbedaan pandangan koalisi pemerintahan juga terjadi pada isu amandemen konstitusi. Ia mengatakan, Surya Paloh adalah salah satu ketua Umum partai politik koalisi pemerintah yang tegas menolak.

Dosen Ilmu Politik & International Studies Universitas Paramadina ini menilai, Surya Paloh adalah tokoh politik yang memiliki independensi dan integritas politik yang patut diapresiasi.

Bacaan Umam, meski ada di pemerintahan, Surya Paloh tidak mau dengan serta merta dicokok hidungnya untuk mengikuti keinginan aktor-aktor di lingkaran presiden.

"Ada integritas dan independensi yang ia (Surya Paloh) perjuangkan, sehingga tidak mudah dikendalikan," pungkas Umam.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA