Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Mudik Lebaran Wajib Pakai Booster, Puan Maharani Minta Pemerintah Permudah Masyarakat Dapatkan Vaksin

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/raiza-andini-1'>RAIZA ANDINI</a>
LAPORAN: RAIZA ANDINI
  • Kamis, 31 Maret 2022, 18:21 WIB
Mudik Lebaran Wajib Pakai Booster, Puan Maharani Minta Pemerintah Permudah Masyarakat Dapatkan Vaksin
Ketua DPR RI Puan Maharani/Net
rmol news logo Pemerintah telah memberikan izin mudik bagi masyarakat pada momen lebaran tahun ini. Hanya saja, pemerintah mewajibkan vaksin booster bagi para pemudik guna menekan angka penyebaran virus Covid-19.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Menyikapi hal tersebut, Ketua DPR RI Puan Maharani meminta pemerintah mempercepat capaian vaksinasi booster Covid-19. Dengan begitu, masyarakat tidak kesulitan saat hendak mudik Idul Fitri nanti.

“Permudah masyarakat mudik dengan mempercepat vaksinasi Covid-19, khususnya untuk daerah-daerah yang banyak pemudik,” kata Puan Maharani dalam keterangannya, Kamis (31/3).

Masyarakat yang belum mendapat booster, diwajibkan untuk menunjukkan hasil negatif tes antigen jika baru mendapat dua dosis vaksin, dan tes PCR untuk yang baru menerima dosis pertama vaksinasi Covid-19.

Hal tersebut dilakukan sebagai upaya meminimalisir penyebaran virus Covid-19. Untuk itu Puan menekankan pentingnya vaksinasi booster digencarkan.

“Program booster yang dilakukan saat ini sudah cukup baik, tapi perlu semakin dimaksimalkan agar nantinya masyarakat lebih aman ketika mudik Idul Fitri,” ucapnya.

Menurutnya, agar cakupan vaksinasi booster Covid-19 bisa semakin optimal, politisi PDI Perjuangan itu, mendorong pemerintah meningkatkan kerjasama dengan organisasi kemasyarakatan maupun lembaga lainnya. Salah satu yang bisa dilakukan adalah dengan upaya door to door.

“Perbanyak program vaksin booster yang menyasar pemudik. Datangi permukiman yang banyak ditinggali pekerja dari luar daerah jauh sebelum Idul Fitri sehingga imun masyarakat sudah terbentuk sebelum mereka akan mudik,” katanya.

Mantan Menko PMK ini pun mendukung kerja sama Kementerian Kesehatan dan Kementerian Perhubungan serta instansi lain yang membuka layanan posko vaksin booster bagi pemudik. Dia menilai, langkah tersebut harus dibarengi dengan masifnya sosialisasi.

“Kalau bisa tidak hanya saat masa mudik berlangsung. Tapi buka posko-posko yang bisa dimanfaatkan oleh calon pemudik sebelum mendekati hari Lebaran,” demikian Puan. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA