Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Jokowi Akan Buka Perbatasan dengan Papua Nugini untuk Memulihkan Perdagangan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-satryo-1'>AHMAD SATRYO</a>
LAPORAN: AHMAD SATRYO
  • Kamis, 31 Maret 2022, 20:07 WIB
Jokowi Akan Buka Perbatasan dengan Papua Nugini untuk Memulihkan Perdagangan
Pertemuan Presiden Joko Widodo dengan Perdana Menteri Papua Nugini James Marape/Repro
rmol news logo Pertemuan Presiden Joko Widodo dengan Perdana Menteri Papua Nugini James Marape membahas soal peningkatan kerjasama perdagangan di antara dua negara.

Menurut Jokowi, kerjasama perdagangan Indonesia dengan Papua Nugini meningkat sebesar 87 persen pada tahun 2021. Sehingga, dia memandang perlu peningkatan untuk pemulihan ekonomi kedua negara pasca pandemi Covid-19.

"Saya percaya masih banyak peluang yang dapat ditingkatkan. Untuk itu Indonesia juga siap membuka kembali perbatasan dengan Papua Nugini untuk memulihkan perdagangan lintas batas dan denyut ekonomi masyarakat yang tinggal di daerah perbatasan," dalam jumpa pers virtual setelah pertemuan di Istana Bogor, Jawa Barat, Kamis (31/3).

Selain itu, Jokowi juga menyambut baik peluncuran studi kelayakan untuk pembentukan perjanjian perdagangan frekuensial antara Indonesia dan Papua Nugini.

Mantan Walikota Solo ini memandang pembentukan perjanjian investasi bilateral penting dilakukan untuk memfasilitasi dan memberikan keamanan bagi investor kedua negara.

"Dalam kaitan ini, saya menugaskan Menteri BUMN, Menteri PU, Menteri ESDM, dan Menteri Perdagangan bersama-sama dengan delegasi Kadin dan pengusaha Indonesia untuk melakukan misi perdagangan dan investasi di PNG dalam waktu dekat," terangnya.

Dalam kesempatan tersebut, kedua pemimpin negara juga bertukar pandangan mengenai pentingnya memperkuat konektivitas antara kedua negara baik di darat, laut, maupun udara.

Jokowi berharap, peluang bagi perusahaan-perusahaan konstruksi Indonesia untuk membangun sarana konektivitas dan infrastruktur di Papua Nugini akan semakin terbuka lebar. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA