Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

IDI Pecat Terawan, Wacana Revisi UU Praktik Kedokteran Menguat

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/angga-ulung-tranggana-1'>ANGGA ULUNG TRANGGANA</a>
LAPORAN: ANGGA ULUNG TRANGGANA
  • Jumat, 01 April 2022, 00:53 WIB
IDI Pecat Terawan, Wacana Revisi UU Praktik Kedokteran Menguat
Wakil Ketua Komisi IX DPR RI, Emanuel Melkiades Laka Lena/Net
rmol news logo Pemecatan yang dilakukan Ikatan Dokter Indonesia (IDI) terhadap Mantan Menteri Kesehatan (Menkes) Terawan Agus Putranto memunculkan reaksi yang beragam.

Wakil Ketua Komisi IX DPR, Emanuel Melkiades Laka Lena mengungkapkan salah satu wacana yang cukup menguat di kalangan Komisi IX DPR adalah merevisi Undang Undang 20/2013 tentang Pendidikan Kedokteran dan UU 29/2004 tentang Praktik Kedokteran.


"Di Komisi IX sendiri wacana ini juga menguat, banyak juga yang mengatakan bahwa kita mesti mempertimbangkan, kalau memang ini penyelesaiannya berarti revisi UU Praktik Kedokteran, UU Pendidikan Kedokteran," kata Melki, Kamis (31/3).


Meski demikian, Melki menegaskan bahwa hal tersebut masih bersifat wacana dan belum menjadi sebuah keputusan. Melki menjelaskan, perlu ada kanal untuk membahas polemik itu agar dapat diputuskan dengan kepala dingin.

Dikatakan Melki, wacana revisi UU Praktik Kedokteran sudah masuk ke berbagai lini kehidupan sosial. Atas dasar itu, pihaknya mengaku, memiliki tanggung jawab untuk segera menganalisasi dengan tepat. Dengan demikian apapun masalahnya pasti ditemukan solusinya.

Politisi Golkar itu mengaku, dalam waktu dekat pihaknya akan kembali memanggil Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI).

"Pokoknya minggu depan awal sudah bisa kami rapat dengan IDI dan nanti tentu nanti terkait lain yang akan kita undang akan kita putuskan bersama," ucap Melki.

Wacana revisi UU Praktek Kedokteran dan UU Pendidikan Kedokteran pernah disampaikan oleh Wakil Ketua DPR RI, Sufmi Dasco Ahmad.

Dasco mendorong agar Komisi IX mengevaluasi UU Pendidikan Kedokteran dan UU Praktik Kedokteran.

"Komisi IX untuk melakukan kajian komprehensif terhadap UU Praktik Kedokteran dan UU Pendidikan Kedokteran. Sehingga nanti kita akan lihat sebuah organisasi seperti IDI di mana kedudukan di situ," ujar Dasco.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA