Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Kemenhub akan Gelar Inspeksi Keselamatan Moda Transportasi Mudik

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-satryo-1'>AHMAD SATRYO</a>
LAPORAN: AHMAD SATRYO
  • Jumat, 01 April 2022, 11:38 WIB
Kemenhub akan Gelar Inspeksi Keselamatan Moda Transportasi Mudik
Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi/Net
rmol news logo Kesiapan transportasi publik yang akan beroperasi pada mudik Idul Fitri 1443 Hijriyah dipastikan melalui beberapa pengecekan oleh Kementerian Perhubungan.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi menjelaskan, pihaknya bakal melakukan inspeksi keselamatan atau ramp check terhadap seluruh moda transportasi yang akan beroperasi di lebaran tahun ini.

"Beberapa hal yang kami akan antisipasi tentu tersedia kualitas dan kapasitas dari transportasi di semua moda itu. Saya minta kepada para Dirjen untuk melakukan ramp check. Bis, kapal, pesawat, kereta api harus dilakukan ramp check," ujar Budi dalam jumpa pers virtual yang disiarkan kanal Youtube Sekretariat Presiden, Kamis malam (31/3).

Selain pemeriksaan aspek keselamatan terhadap kelaikan angkutan yang akan beroperasi, Budi memastikan Kemenhub juga akan melakukan pemeriksaan kesehatan terhadap awak transportasi.

"Kita juga mewajibkan untuk melakukan pemeriksaan kesehatan bagi awak transportasi: pilot, nahkoda, masinis, sopir bis. Bisa kita lakukan di simpul transportasi, di bandara, di terminal, stasiun, dan sebagainya," paparnya.

Lebih lanjut, Budi meminta kepada operator prasarana dan sarana transportasi untuk terus memastikan penerapan protokol kesehatan (prokes) sesuai dengan ketentuan dari Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19.

Selain itu, dia juga mengimbau kepada masyarakat agar melakukan vaksinasi dosis ketiga atau booster terlebih dahulu agar tak lagi diminta memenuhi kewajiban tes Antigen.

"Animonya tinggi sekali diiringi dengan bagaimana kita harus menyiapkan sarana dan prasarana. Dan yang penting adalah kita harus memperhatikan keselamatan, tetap dijaga, dan seperti yang disampaikan oleh Pak Dansatgas, harus prokes," demikian Budi. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA