Children in the DPR Korea
Children in the DPR Korea
Dimensy Mobile
Farah.ID
Dimensy
Farah.ID

Menko Airlangga Bangun Industri Persusuan Nasional Wujudkan Kesejahteraan Peternak

LAPORAN: DIKI TRIANTO
  • Jumat, 01 April 2022, 13:41 WIB
Menko Airlangga Bangun Industri Persusuan Nasional Wujudkan Kesejahteraan Peternak
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto/Net
Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian terus berupaya menguatkan pangan dan ekonomi Tanah Air. Berbagai upaya terus dilakukan, salah satunya dengan pembangunan industri persusuan.

Saat ini, perkembangan ekosistem industri persusuan dalam negeri dan internasional sangat relevan untuk menjadi acuan bagi Kementerian/Lembaga maupun stakeholder terkait guna melanjutkan pengembangan industri persusuan nasional.

Dikatakan Menko Perekonomian Airlangga Hartarto, cetak biru persusuan Indonesia merupakan terobosan yang ditempuh guna mempercepat pembangunan industri persusuan di dalam negeri, termasuk bagi kesejahteraan peternak.

“Kesejahteraan para peternak merupakan hal yang utama dalam industri persusuan. Tentu Pemerintah juga mempersiapkan berbagai kredit yang akan menunjang sektor agro, termasuk sektor persusuan,” kata Menko Airlangga dalam keterangan tertulisnya, Jumat (1/4).

Ada beberapa hal penting yang perlu dikerjakan dalam rangka percepatan pembangunan persusuan nasional, yaitu meningkatkan penguatan koordinasi dan sinergitas lintas sektor, penguatan aspek legalitas sebagai payung hukum untuk pengembangan persusuan Indonesia.

Kemudian peningkatan produktivitas aneka ternak perah dan produksi susu segar berkualitas dengan memperhatikan keseimbangan lingkungan, peningkatan konsumsi susu segar masyarakat, penguatan kelembagaan dan capacity building, serta peningkatan investasi peternakan baik itu industri besar maupun industri masyarakat atau UMKM.

“Berbagai hal tersebut perlu bekerja sama dengan para stakeholder yang tentunya ini bisa dilibatkan dalam industri persusuan. Semoga industri persusuan akan semakin tangguh,” tutupnya.
EDITOR:

ARTIKEL LAINNYA