Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Hikmahanto Juwana: Tidak Seharusnya Ego AS terhadap Rusia Dilampiaskan ke Indonesia

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/raiza-andini-1'>RAIZA ANDINI</a>
LAPORAN: RAIZA ANDINI
  • Minggu, 03 April 2022, 14:34 WIB
Hikmahanto Juwana: Tidak Seharusnya Ego AS terhadap Rusia Dilampiaskan ke Indonesia
Gurubesar Ilmu Hukum Internasional Profesor Hikmahanto Juwana/Net
rmol news logo Sejumlah kepala negara mendesak Presiden Joko Widodo tidak mengundang Presiden Rusia Vladimir Putin dalam forum Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 yang diselenggarakan di Pulau Bali, September mendatang.

Adapun kepala negara yang terang-terangan mendorong Presiden Joko Widodo tidak mengundang Presiden Vladimir Putin yakni Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau, PM Australia Scott Morrison dan Presiden Amerika Serikat Joe Bidden yang meminta Indonesia mempertimbangkan langkah tersebut.

Gurubesar Ilmu Hukum Internasional Profesor Hikmahanto Juwana meminta agar kepala negara yang tergabung dalam KTT G20 tidak mengintervensi Indonesia untuk menentang Rusia dengan cara tidak mengundang Presiden Vladimir Putin dalam forum internasional tersebut.

"Tidak seharusnya ego AS dan sekutunya terhadap Rusia dilampiaskan ke Indonesia yang sudah berani mengutuk Rusia atas serangannya,” tegas Profesor Hikmahanto Juwana kepada Kantor Berita Politik RMOL, Minggu (3/4).

"Terlebih Indonesia berisiko untuk kehilangan sahabatnya dan dimasukkan dalam katagori negara-negara yang tidak bersahabat oleh Rusia,” imbuhnya.

Rektor Universitas Jenderal Achmad Yani ini mengatakan, Indonesia masih bergantung pada Rusia dari sisi Alutsista pertahanan negara.

"Indonesia masih memiliki ketergantungan dengan Rusia yang cukup signifikan mulai dari suku cadang pesawat tempur Shukoi hingga BBM yang telah disuling,” tutupnya.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA