Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Sejumlah Anggota Komisi IX Mulai Dorong Pembubaran IDI

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/idham-anhari-1'>IDHAM ANHARI</a>
LAPORAN: IDHAM ANHARI
  • Selasa, 05 April 2022, 04:29 WIB
Sejumlah Anggota Komisi IX Mulai Dorong Pembubaran IDI
Lambang Ikatan Dokter Indonesia (IDI)/Net
rmol news logo Reaksi beragam terus berdatangan usai dokter Terawan Agus Putranto dipecat dari keanggotaan organisasi Ikatan Dokter Indonesia (IDI).

Anggota Komisi IX DPR RI Irma Suryani Chaniago bahkan menyerukan pembubaran IDI saat Rapat Dengar Pendapat Umum (RDPU) antara Komisi IX dan IDI yang digelar, Senin (4/4).

"Bubarkan saja IDI, ngapain, cuma organisasi profesi kok, dan IDI itu cuma memberikan rekomendasi. Sama dengan Komisi IX, kami tidak bisa memberikan sanksi ke pemerintah, hanya memberikan rekomendasi, boleh dipakai boleh tidak," kata Irma.

Irma menilai, IDI telah menyimpang dari visi misi keprofesian. Bahkan menurut dia, IDI tidak mencerminkan nilai-nilai untuk menyejahterakan anggota sejawat lantaran Terawan dipecat.

Terkait sikap IDI yang demikian itu, Irma melanjutkan, IDI tidak melakukan pembinaan dan pengembangan kemampuan profesi anggota. Terbukti menurutnya dengan praktik terapi cuci otak Terawan atau yang dikenal juga sebagai metode Intra-Arterial Heparin Flushing (IAHF) yang merupakan modifikasi Digital Subtraction Angiography (DSA) itu malah dihentikan.

"IDI tidak mensejahterakan anggota, orang seenak udel-nya saja memecat anggota," imbuhnya.

Seruan bubarkan IDI juga disampaikan Anggota Komisi IX DPR dari fraksi PDIP Rahmat Handoyo dalam rapat yang sama. Rahmat menyebut, seruan itu datang dari para anggota dewan di Senayan dan juga sejumlah masyarakat.

"Saya menyampaikan dengan dimulai dua kata dulu. Bubarkan IDI. Itu bukan dari saya, tapi itu introspeksi dari ketua umum dan anggota lain, itu suara rakyat, suara trending topic, suara netizen begitu menggelora bubarkan IDI," kata Rahmat.

Rahmat lantas menyinggung polemik pemecatan Terawan. Ia kemudian membadingkan kasus Terawan dengan sejumlah malpraktik dokter yang menurutnya tidak mendapat sorotan tajam dari IDI maupun MKEK IDI.

Rahmat menyebutkan, sejumlah kasus pelanggaran etik itu seperti oknum dokter yang bermain mata dengan perusahaan farmasi, malpraktik, hingga dokter kenalannya yang terpaksa pergi ke Israel setelah mendapatkan teguran dan sanksi dari IDI pasca kasus operasi usus buntu.

"Nah, ini lah suara-suara ketidakadilan rakyat yang saya baca dari media, bukan saya yang bilang. Isu kekinian masalah dokter Terawan, saya miris mendengar itu," ujarnya.

Babak 'pertarungan' antara MKEK, IDI, dan Terawan masih belum berakhir. Polemik ini masih seputar rekomendasi pemberhentian keanggotaan Terawan dari IDI yang disebut sudah berprose sejak 2013 silam.rmol news logo article


Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA