Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

PPATK Harap DPR RI Segera Tetapkan RUU Perampasan Aset

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/faisal-aristama-1'>FAISAL ARISTAMA</a>
LAPORAN: FAISAL ARISTAMA
  • Selasa, 05 April 2022, 16:31 WIB
PPATK Harap DPR RI Segera Tetapkan RUU Perampasan Aset
Kepala PPATK Ivan Yustiavandana/Net
rmol news logo Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) berharap agar Komisi III DPR RI mempercepat penetapan pembahasan Rancangan Undang Undang (RUU) Perampasan Aset Tindak Pidana.

Kepala PPATK Ivan Yustiavandana mengatakan, RUU tersebut sejatinya telah masuk ke Program Legislasi Nasional (Prolegnas). Namun, RUU itu belum tercantum dalam daftar RUU yang disahkan oleh DPR RI.

"Sebagaimana telah kami sampaikan pada kesempatan RDP dengan Komisi III DPR RI bahwa RUU dimaksud perlu segera ditetapkan," kata Ivan dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) bersama Komisi III DPR RI, di Komplek Parlemen Senayan, Jakarta, Selasa (5/4).

Ivan menegaskan bahwa RUU Perampasan Aset sangat penting dalam rangka mengantisipasi adanya kekosongan hukum dalam upaya penyelamatan aset.

Khususnya aset yang dimiliki atau dikuasai oleh pelaku tindak pidana yang telah meninggal dunia, juga aset yang terindikasi tindak pidana namun sulit dibuktikan pada peradilan negara.

Menurut dia, aset yang gagal dirampas untuk negara tersebut akan berdampak pada status aset yang dimaksud yang akan menjadi aset status quo.

Dengan begitu, merugikan penerimaan negara khususnya dari Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) yang berasal dari penegakan hukum.

"Karena itu, RUU Perampasan Aset Terkait Tindak Pidana telah masuk dalam long list Prolegnas 2020-2024 dan saat ini tengah menunggu dukungan dari anggota Komisi III SPR untuk masuk ke dalam prioritas Semester II 2022 atau setidak-tidaknya prioritas 2023," pungkasnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA