Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

PDIP Sarankan KPU Pakai Data Dukcapil untuk Tentukan Calon Pemilih

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/raiza-andini-1'>RAIZA ANDINI</a>
LAPORAN: RAIZA ANDINI
  • Rabu, 06 April 2022, 01:15 WIB
PDIP Sarankan KPU Pakai Data Dukcapil untuk Tentukan Calon Pemilih
Anggota komisi II DPR RI Fraksi PDIP Junimart Girsang/Net
rmol news logo Pemerintah disarankan menggunakan basis data dari Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dirjen Dukcapil) Kementerian Dalam Negeri RI untuk mendata calon pemilih pada pemilihan umum (Pemilu) 2024 mendatang.

Hal ini disampaikan anggota Komisii II DPR RI Junimart Girsang saat rapat kerja bersama Komisi II DPR RI dengan Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, di Komplek Parlemen, Senayan, Selasa (5/4).

"Dalam rangka pesta demokrasi 2024, saya dari awal sudah mengatakan bahkan setelah saya masuk komisi II supaya KPU itu, menggunakan data yang ada di Dirjen kependudukan jadi enggak perlu pake dari BPS segala macam, pakailah satu sumber data saja,” ucap Junimart dalam rapat.

Legislator dari Fraksi PDI Perjuangan ini meminta agar Kemendagri membuat satu regulasi untuk pemilu dan atau pilkada 2024 nanti agar memakai data Dukcapil Kementerian Dalam Negeri RI.

Pasalnya, berkaca pada pemilu sebelumnya, terdapat banyak pemilih yang sudah meninggal dunia terdaftar sebagai pemilih.

“Oleh karena itu perlu pemutakhiran daftar pemilih. Saya kira Pak Dirjen Dukcapil sudah bisa mengkomunikasikan dengan para penyelenggara Pemilu, ini supaya nanti tidak ada yang meninggal masih bisa memilih Pak,” ucapnya.

“Itu karena data dari BPS dari mana-mana dari Depsos ini perlu Pak kita mau pemilu 2024 ini serentak betul-betul yang penuh demokratis enggak perlu dipelintir,” tutupnya.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA