Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Curhat ke DPR, Menlu Retno: Butuh 22 Hari untuk Evakuasi 9 WNI di Chernihiv

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/raiza-andini-1'>RAIZA ANDINI</a>
LAPORAN: RAIZA ANDINI
  • Rabu, 06 April 2022, 14:19 WIB
Curhat ke DPR, Menlu Retno: Butuh 22 Hari untuk Evakuasi 9 WNI di Chernihiv
Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi/Net
rmol news logo Rapat kerja bersama Komisi I DPR RI, Rabu (6/4), dijadikan kesempatan bagi Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi untuk curhat terkait sulit dan rumitnya proses evakuasi warga negara Indonesia (WNI) dari wilayah konflik di Ukraina.

Menlu Retno menuturkan, proses evakuasi WNI oleh tim KBRI di Ukraina sangat sulit. Setidaknya, membutuhkan 22 hari untuk bisa mengevakuasi 9 WNI di Chernihiv.

"Evakuasi dari medan perang Ukraina merupakan salah satu evakuasi yang paling berat yang harus dijalankan, untuk mengevakuasi 9 warga negara Indonesia dari Chernihiv diperlukan waktu 22 hari, dan untuk membantu tim KBRI,” ucap Retno saat rapat kerja bersama Komisi I DPR di Gedung Nusantara II, Komplek Parlemen, Senayan, Rabu (6/4).

Retno menambahkan, pejabat tinggi di KBRI untuk Ukraina bahkan harus bermalam selama 13 hari di Leviv untuk melakukan evakuasi WNI yang terjebak di tengah konflik.

Kabar baiknya, proses evakuasi itu berjalan dengan lancar dan seluruh WNI yang dievakuasi oleh tim KBRI selamat sampai Indonesia.

“Direktur WNI secara khusus berada di Leviv selama 13 hari, dan evakuasi tentunya dapat berjalan dengan baik berkat kerjasama erat berbagai kementerian dan lembaga, serta dukungan dari WNI itu sendiri,” tutupnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA