Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Sebelum Diklaim Malaysia, Muhadjir Effendi: Indonesia Segera Usulkan Reog Ponorogo jadi Warisan Budaya Tak Benda ke UNESCO

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/angga-ulung-tranggana-1'>ANGGA ULUNG TRANGGANA</a>
LAPORAN: ANGGA ULUNG TRANGGANA
  • Rabu, 06 April 2022, 17:16 WIB
Sebelum Diklaim Malaysia, Muhadjir Effendi: Indonesia Segera Usulkan Reog Ponorogo jadi Warisan Budaya Tak Benda ke UNESCO
Ilustrasi Reog Ponorogo/Net
rmol news logo Merespons sikap Malaysia yang ingin mengklaim seni Reog Ponorogo sebagai warisan tak benda ke UNESCO, Menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendi ingin Indonesia lebih dulu mengajukan ke UNESCO.

Menurut Muhadjir, Reog Ponorogo adalah budaya dan warisan bangsa Indonesia. Atas dasar itulah, ia meminta Indonesia harus lebih dulu mengambil sikap lebih awal dari Malaysia.

Ia pun meminta Pemerintah Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur mengambil langkah cepat mengusulkan ke UNESCO. Selain itu, Pemkab Ponorogo, kata Muhadjir harus menyiapkan berbagai data penunjang untuk memuluskan pengusulan ke UNESCO.

"Saya mendukung penuh Reog diusulkan budaya tak benda ke UNESCO. Saya upayakan berhasil dan bia jadi kebanggan bukan hanya bagi masyarakat Ponorogo tapi Indonesia," demikian kata mantan Mendikbud ini, Rabu (6/4).

Reog Ponorogo adalah tradisi pertunjukan seni yang didalamnya ada penarik warok, jatilan, bujangganong, kelanasewandan dan barongan.

Setiap 1 syuro biasanya di Ponorogo mengadakan acara Grebeg suro yang mendatangkan para seniman reog dari seluruh Indonesia.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA