Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Ingin Pemuda Bersatu dan Punya Kemandirian Ekonomi, Alasan Ryano Pandjaitan Ikut Kongres KNPI

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/jamaludin-akmal-1'>JAMALUDIN AKMAL</a>
LAPORAN: JAMALUDIN AKMAL
  • Kamis, 07 April 2022, 21:35 WIB
Ingin Pemuda Bersatu dan Punya Kemandirian Ekonomi, Alasan Ryano Pandjaitan Ikut Kongres KNPI
Calon Ketua Umum Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Muhammad Ryano Satrya Panjaitan (keempat dari kiri)/Net
rmol news logo Harapan agar pemuda Indonesia mempunyai peran dalam berbisnis membuat pengusaha muda Muhammad Ryano Satrya Panjaitan ikut dalam bursa calon Ketua Umum Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI).

Ryano Pandjaitan yang pada Senin malam (4/4) lalu resmi mendaftarkan diri sebagai calon ketua umum KNPI periode 2022 hingga 2026, mengatakan bahwa dirinya merasa terpanggil untuk mendorong dunia bisnis kepada pemuda yang bernaung di organisasi kepemudaan.

Setelah mendaftar, Presiden Perserikatan Organisasi Kepemudaan Nasional (Poknas) ini dengan terang mendeklarasikan diri sebagai calon ketua umum KNPI di Jakarta, Kamis (7/4).

Dia bersyukur deklarasi ini mendapat dukungan dari berbagai elemen organisasi kepemudaaan. Sehingga dirinya optimis menatap Kongres KNPI.

“Alhamdulillah sudah banyak temen-temen dari berbagai organisasi kepemudaan memberikan dukungan kepada saya. Tentu dukungan ini menjadi kepercayaan yang saya harus jalankan dengan baik," tegasnya saat deklarasi.

Misi utama Ryano Pandjaitan memang untuk menyatukan KNPI. Namun ada juga misi untuk memberikan dan mendorong pemuda agar tidak hanya tampil sebagai aktivis, melainkan juga bisa bergerak di dunia bisnis.

Dalam hal ini, dia mengusung visi activistpreneur, sebuah ide untuk mendorong aktivis muda memiliki kemandirian ekonomi dan tidak sekadar mengejar politik kekuasaan/jabatan, yang berujung pada pragmatisme (politik transaksional).

"Saya ingin mendorong spirit pergerakan pemuda sebagai agen transformasi di era 4.0 menuju Society 5 0. Gagasan ini diharapkan jadi diskursus publik sebagai gagasan orisinilnya mendorong transformasi politik kekuasaan menuju politik kesejahteraan dalam memajukan Indonesia menuju se-abad Republik Indonesia di 2045," ungkapnya.

Ryano Panjaitan berharap Kongres KNPI bisa berlangsung secara fair dan berjalan dengan baik, sesuai dengan mekanisme yang ditetapkan secara organisasi oleh DPP KNPI.

Dia ingin kongres penyatuan ini menjadi akhir dari polemik yang terjadi di tubuh KNPI. Dirinya juga berharap semoga organisasi kepemudaan di tingkat nasional bersatu untuk menyukseskan kongres penyatuan tersebut.

"Kita harus menjadi pemuda yang kuat. Untuk mewujudkan itu kita harus bersatu, pemuda solid Indonesia bangkit," tutupnya.

Kongres XVI Pemuda/KNPI akan diselenggarakan tanggal 8 hingga 10 April 2022 di Hotel Sultan, Jakarta. Kongres akan dihadiri oleh seluruh OKP yang berhimpun di KNPI dan Seluruh DPD KNPI se-Indonesia. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.