Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Firli Bahuri: Memerangi Korupsi adalah Bentuk Ketaqwaan Kepada Allah

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/idham-anhari-1'>IDHAM ANHARI</a>
LAPORAN: IDHAM ANHARI
  • Sabtu, 09 April 2022, 02:44 WIB
Firli Bahuri: Memerangi Korupsi adalah Bentuk Ketaqwaan Kepada Allah
Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri/RMOL
rmol news logo Memasuki pekan kedua bulan suci Ramadhan 1443 Hijriah, masyarakat harus mendalami bagaimana memaknai bulan suci Ramadhan dan mencerna nilai-nilai puasa dalam kehidupan sehari-hari.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Begitu catatan kecil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri, yang dia bagikan lewat unggahan di akun Twitternya @firlibahuri, Jumat malam (8/4).

“Hikmah puasa menurut orang-orang yang beriman adalah untuk menggapai ketaqwaan, dimana ketaqwaan itu sifatnya universal dan sangat luas,” kata Firli.

Sebagaimana tertulis dalam Al Quran dalam surat Al Baqarah ayat 183  yang berbunyi, “Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kalian berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kalian agar kalian bertaqwa”.

Firli mengungkapkan bahwa menurut bahasa, kata taqwa berarti memelihara atau menghindari. Sederhananya, menurut dia, taqwa merupakan perwujudan amar maruf nahi munkar yakni melaksanakan segala perintah Allah dan menjauhi segala larangannya.

“Menurut pandangan saya, memerangi korupsi salah satu bentuk ketaqwaan kita kepada Allah SWT. Puasa di Bulan Ramadhan seyogianya menjadi stimulus bagi segenap umat manusia untuk belajar membiasakan diri berbuat jujur dan sederhana agar terhindar dari perilaku koruptif,” kata Firli.

Tidak hanya itu, dengan ketaqwaan dapat menjadikan diri senantiasa teguh mempertahankan nilai-nilai kebaikan dan kebajikan yang sejatinya menjadi Keutamaan Ramadhan.

Firli berkeyakinan, jika hal tersebut telah membudaya maka keutamaan Ramadhan akan membentuk kultur dan budaya antikorupsi dalam setiap tatanan kehidupan berbangsa dan bernegara di republik ini. Di mana keindahan cahaya  Ramadhan senantiasa mewarnai karakter masyarakat dan bangsa.

“Dengan semangat antikorupsi, mari kita jadikan bulan suci Ramadhan sebagai sarana untuk membentuk imun antikorupsi, agar cita-cita dan tujuan berbangsa dan bernegara dapat terwujud,” pungkas Firli. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA