Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Keras! Erick Thohir Minta Penguasa Sawit Swasta Tidak Jadi Orang Asing di Negeri Sendiri

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/diki-trianto-1'>DIKI TRIANTO</a>
LAPORAN: DIKI TRIANTO
  • Sabtu, 09 April 2022, 16:51 WIB
Keras<i>!</i> Erick Thohir Minta Penguasa Sawit Swasta Tidak Jadi Orang Asing di Negeri Sendiri
Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir/Net
rmol news logo Perusahaan swasta pengelola kebun sawit di Indonesia diminta ikut bertanggung jawab mengatasi kelangkaan minyak goreng dalam negeri.

Penegasan tersebut disampaikan Menteri BUMN, Erick Thohir saat  sosialisasi Program Makmur “Petani Mandiri Wujudkan Indonesia Maju Sejahtera” di Desa Besur, Kabupaten Lamongan, Jawa Timur, Jumat (9/4).

Erick mengaku, saat ini PT Perkebunan Nusantara (PTPN) hanya memiliki 4 persen dari luas lahan CPO di Indonesia, selebihnya dimiliki swasta.

"PTPN hanya mempunyai 4 persen luas lahan CPO. Lalu kita bersama menampung dari petan,  mungkin jadi 7 persen, mayoritas dari swasta," kata Erick Thohir.

Dengan keterbatasan lahan itu, pemerintah sudah memutar otak untuk mengalihkan perusahaan plat merah yang sebelumnya tidak memproduksi minyak goreng diharuskan memproduksinya.

"BUMN yang punya 4 persen melakukan perubahan seperempat dari produksinya. Yang tadinya tidak produksi minyak goreng, kita lakukan seperempat dari produksinya untuk rakyat," tegasnya.

Oleh karenanya, ia meminta kepada pengelola sawit swasta untuk ikut gotong-royong mengatasi persoalan minyak goreng. Bahkan dengan tegas, ia meminta swasta tidak tutup mata untuk ikut bertanggung jawab.

"Kita hidup di Indonesia, mendapatkan berkah di Indonesia, ketika ada seperti ini (kelangkaan minyak goreng) swasta harus kembali bertanggung jawab. Jangan jadi orang asing ketika kayanya dari sumber daya alam Indonesia, tapi ketika rakyat membutuhkan tidak hadir," tandasnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA