Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Mahendra Siregar Jadi Ketua OJK 2022-2027, Hergun: Gerindra Beri Figur Terbaik

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/faisal-aristama-1'>FAISAL ARISTAMA</a>
LAPORAN: FAISAL ARISTAMA
  • Minggu, 10 April 2022, 00:41 WIB
Mahendra Siregar Jadi Ketua OJK 2022-2027, Hergun: Gerindra Beri Figur Terbaik
Ketua Dewan Komisioner OJK 2022-2027, Mahendra Siregar/Net
rmol news logo Terpilihnya Mahendra Siregar terpilih sebagai Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) RI periode 2022-2027 setelah menyelesaikan proses uji kelayakan dan kepatutan oleh Komisi XI DPR RI, disambut baik sejumlah pihak.

Bahkan, keterpilihan Mahendra, yang berdasarkan rapat pimpinan dan 9 Kelompok Fraksi disepakati pengambilan keputusan berdasarkan musyawarah mufakat itu, banjir ucapan selamat.

Selain nama Mahendra, diputuskan juga anggota dewan komisioner lainnya. Yaitu Wakil Ketua OJK, Mirza Adityaswara; ADK bidang Perbankan, Dian Ediana; Bidang Pasar Modal, Inarno Djajadi; Bidang IKNB, Ogi Prastomiyono; Bidang EPK, Friderica Wiyasari Dewi; dan Bidang Audit, Sophia Issabella Watimena.

Adalah anggota Komisi XI DPR RI dari Fraksi Partai Gerindra Heri Gunawan yang turut mengucapkan selamat kepada Mahendra Siregar dan anggota Dewan Komisioner OJK terpilih.

Politikus Gerindra itu mengatakan, fraksi Partai Gerindra telah bekerja sebaik mungin untuk menghadirkan figur yang tepat dan mampu untuk menjabat sebagai Ketua OJK.

“Seperti yang saya sampaikan sebelumnya bahwa Fraksi Partai Gerindra akan memilih figur terbaik dari yang terbaik. Bahwa anggota OJK harus yang cerdas, berintegritas, mampu bekerja secara profesional dan memiliki kapabilitas, juga kredibilitas,” kata Hergun dalam keterangannya di Jakarta, Sabtu (9/4).

Sebagai Ketua Kelompok Fraksi (Kapoksi) Partai Gerindra di DPR RI, Hergun mengingatkan kembali beberapa pekerjaan rumah penting yang harus diselesaikan oleh Mahendra nantinya. Terutama karena saat ini OJK tengah menjadi sorotan publik.

Berdasarkan catatan per November 2021, ada 595.521 aduan yang diterima OJK. Angka tersebut melonjak 2.200 persen jika dibandingkan pada 2017 yang hanya 25.742 aduan.

Hergun juga mengingatkan kembali bahwa tujuan OJK dibentuk agar seluruh kegiatan di dalam sektor jasa keuangan terselenggara secara teratur, adil, transparan dan akuntabel.

OJK juga harus mampu mewujudkan sistem keuangan yang tumbuh secara berkelanjutan dan stabil. Serta, mampu melindungi kepentingan konsumen dan masyarakat.

“Berbagai persoalan di sektor jasa keuangan itu kami ajukan kepada para calon Dewan Komisioner OJK. Tujuannya agar kami tahu bagaimana strategi mereka mengatasi persoalan-persoalan tersebut,” kata Ketua DPP Partai Gerindra.

Beberapa masalah yang harus dihadapi Mahendra cs adalah tingginya bunga kredit perbankan, kecenderungan penurunan kredit perbankan sejak 2018, melonjaknya angka pengaduan masyarakat terutama terkait pinjaman online (pinjol) ilegal dan produk asuransi unit link, serta pelanggaran di pasar modal yang melibatkan emiten, manajer investasi hingga pelaku industrinya.

“Selamat dan sukses, semoga amanah untuk Bapak Mahendra Siregar serta para anggota Dewan Komisioner OJK terpilih periode 2022 hingga 2027,” tandasnya.

Uji kelayakan dan kepatutan terhadap calon Dewan Komisioner OJK dilaksanakan selama dua hari, yakni 6 hingga 7 April. Dari 14 nama yang diajukan oleh Presiden Joko Widodo, Komisi XI DPR RI akhirnya memilih tujuh orang. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA