Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Bukan Hanya BEM SI, Aksi 11 April Juga Diikuti Buruh KSPSI

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/jamaludin-akmal-1'>JAMALUDIN AKMAL</a>
LAPORAN: JAMALUDIN AKMAL
  • Minggu, 10 April 2022, 21:35 WIB
Bukan Hanya BEM SI, Aksi 11 April Juga Diikuti Buruh KSPSI
Ketua Umum KSPSI, Jumhur Hidayat saat berbincang dengan Refly Harun/Repro
rmol news logo Bukan hanya mahasiswa dari Aliansi Badan Eksekutif Mahasiswa Seluruh Indonesia (BEM SI), buruh yang tergabung dalam Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPI) juga akan ikut Aksi 114 pada Senin (11/4).

Hal itu diutarakan oleh Ketua Umum (Ketum) KSPSI, Jumhur Hidayat saat berbincang dengan Refly Harun pada Minggu siang (10/4).

Jumhur mengatakan, KSPSI memiliki belasan federasi. Buruh yang akan ikut aksi bersama mahasiswa adalah Federasi Serikat Pekerja (FSP) Logam Elektronika, dan Mesin (LEM).

"Dari berbagai Jabodetabek ya mungkin jumlahnya cukup besar," ujar Jumhur seperti dikutip Kantor Berita Politik RMOL, Minggu malam (10/4).

Para buruh dari FSP LEM KSPSI kata Jumhur, ikut aksi unjuk rasa bersama dengan mahasiswa lantaran tidak adanya tuntutan soal Omnibus Law. Sehingga, aksi esok hari, buruh akan menyampaikan tuntutan tentang Omnibus Law.

Meski demikian, Jumhur belum tahu apakah BEM SI akan juga akan menyuarakan tentang Omnibus Law UU Cipta Kerja. Atas dasar itulah, Jumhur mengatakan pihaknya berinisiatif untuk mengikusi aksi bersama elemen BEM SI.

"Maka teman-teman kemudian berpikir kita harus ikut, itu Omnibus Law masalah bangsa, bukan masalah pribadi, bukan hanya buruh, masalah mahasiswa juga. Omnibus Law ini isu besar, besar sekali, bukan hanya untuk buruh," jelas Jumhur menutup.

BEM SI sendiri batal menggelar aksi unjuk rasa di sekitar Istana Negara Jakarta. Aksi akan pindah di depan Gedung DPR RI Jakarta dari hasil konsolidasi BEM SI.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA