Sembilan Calon Presiden 2024
Sembilan Calon Presiden 2024
Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Mahfud MD Pastikan Pengamanan Demo Tanpa Kekerasan, Koordinator GIB: Ini Era Digital, Ada Kamera di Mana-mana

LAPORAN: AHMAD KIFLAN WAKIK
  • Senin, 11 April 2022, 02:29 WIB
Mahfud MD Pastikan Pengamanan Demo Tanpa Kekerasan, Koordinator GIB: Ini Era Digital, Ada Kamera di Mana-mana
Koordinator Gerakan Indonesia Bersih (GIB) Adhie M. Massardi/RMOL
Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam), Mahfud MD memastikan pola pengamanan unjuk rasa dijamin tanpa kekerasan.

Soal pernyataan Mahfud MD, Koordinator Gerakan Indonesia Bersih (GIB) Adhie M. Massardi mengatakan, era digital yang kian berkembang akan merekam semua gerakan. Sehingga, semua tidak akan menjadi hal yang bisa ditutup-tutupi.

"Ini era digital. Ada kamera di mana-mana. Semua kebrutalan terdokumentasi," ujar Adhie Massardi dalam cuitan akun Twitternya, Minggu (10/4).

Adhie mengatakan, setiap kekuasaan dapat melakukan apa saja. Sekalipun dengan kekerasan, penguasa tidak akan bisa ditindak seperti apapun.

"Tapi kan kekuasaan ini sudah lewat ashar. Pasti akan ada perhitungan di masa depan. Dan seperti biasa, gak akan ada jenderal mau tanggungjawab," katanya.

Menko Polhukam Mahfud MD memastikan pemerintah tak akan menghalang-halangi rencana aksi unjuk rasa besar-besaran mahasiswa dan sejumlah unsur masyarakat pada Senin (11/4). Bahkan, pola pengamanan unjuk rasa dijamin tanpa kekerasan.

Dalam menghadapi rencana aksi tersebut, Mahfud memastikan langkah persuasif akan dilakukan pemerintah dengan cara mengamankan jalannya aksi unjuk rasa agar tetap berjalan damai.

"Pemerintah sudah melakukan koordinasi dengan aparat keamanan dan penegak hukum, agar melakukan pelayanan dan pengamanan sebaik-baiknya, dan tidak boleh ada kekerasan," tegasnya.

"Tidak membawa peluru tajam, juga jangan sampai terpancing oleh provokasi," imbuh Mahfud.

ARTIKEL LAINNYA