Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Demonstrasi Bagian dari Demokrasi, Sikapi dengan Bijak dan Kawal dengan Humanis

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/raiza-andini-1'>RAIZA ANDINI</a>
LAPORAN: RAIZA ANDINI
  • Senin, 11 April 2022, 13:40 WIB
Demonstrasi Bagian dari Demokrasi, Sikapi dengan Bijak dan Kawal dengan Humanis
Ketua Fraksi Nasdem MPR RI, Taufik Basari/RMOLLampung
rmol news logo Demonstrasi merupakan bagian dari demokrasi. Oleh sebab itu, sah-sah saja apabila ada kelompok masyarakat termasuk mahasiswa yang menyuarakan aspirasinya untuk meminta perhatian masyarakat dan pemegang kekuasaan.

Namun demikian, Ketua Fraksi Nasdem MPR RI, Taufik Basari berpesan, seluruh mahasiswa dan aparat penegak hukum tidak berlaku agresif dalam mengawal demokrasi yang dilakukan di depan gedung DPR RI, Senayan, Senin (11/4).

“Kita hidup di alam demokrasi di mana perbedaan pendapat adalah denyut nadinya. Jangan melihat demonstrasi sebagai suatu ancaman, tapi lihatlah sebagai suatu pengingat bahwa kekuasaan itu adalah amanah yang harus dijalankan dengan nilai-nilai luhur,” kata Taufik kepada wartawan, Senin (11/4).

Menurutnya, pesan yang disampaikan para demonstran merupakan hal yang penting untuk didengarkan, baik oleh pemerintah maupun parlemen.

“Demonstrasi hari ini menyuarakan keresahan publik atas adanya gagasan soal penundaan pemilu, (masa jabatan presiden) tiga periode, naiknya harga bahan pokok seperti minyak goreng, dan kenaikan bahan bakar minyak yang akan menyulitkan masyarakat. Aspirasi ini harus disikapi dengan kebijakan yang pro terhadap rakyat,” ucap anggota Komisi II DPR RI itu.

Taufik juga mengajak agar pemerintah dan DPR RI mengambil sikap positif dan bijak atas tuntutan tersebut, dan tidak malah bereaksi negatif.

“Mari kita sudahi wacana penundaan pemilu dan masa jabatan tiga periode. Saya juga mengajak pemerintah dan DPR bersama-sama memikirkan cara untuk mengendalikan harga bahan pokok agar tidak menyulitkan masyarakat,” demikian Taufik Basari. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA