Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Banyak Calon Jemaah Haji Indonesia Berusia di Atas 65 Tahun, Kemenag Diminta Lobi Arab Saudi

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/agus-dwi-1'>AGUS DWI</a>
LAPORAN: AGUS DWI
  • Selasa, 12 April 2022, 09:38 WIB
Banyak Calon Jemaah Haji Indonesia Berusia di Atas 65 Tahun, Kemenag Diminta Lobi Arab Saudi
Ilustrasi jemaah haji/Net
rmol news logo Meski Pemerintah Kerajaan Arab Saudi sudah memberi izin 1 juta jemaah untuk menjalankan ibadah haji tahun ini, tak serta merta seluruh jemaah asal Indonesia bisa berangkat. Apalagi ada syarat hanya mereka yang berusia di bawah 65 tahun yang boleh menjalankan ibadah haji tahun ini.

Syarat tersebut jelas menjadi masalah tersendiri bagi Indonesia. Pasalnya ada cukup banyak calon haji Indonesia yang berusia di atas 65 tahun.

Berdasarkan data profil jemaah haji Indonesia yang dipaparkan Dirjen PIHU Kementerian Agama dalam rapat panja bersama Komisi VIII DPR RI, Senin (11/4), jumlah calon haji dengan rentang usia di atas 65 tahun mencapai 35 ribu jemaah.

“Angka ini nyaris setengah dari total kuota yang akan diperoleh Indonesia berdasarkan prediksi kami," terang anggota Panja BPIH Komisi VIII DPR RI, Bukhori Yusuf, melalui keterangannya, Selasa (12/4).
 
Untuk itu, anggota Badan Legislasi ini mendorong Kemenag melobi Pemerintah Arab Saudi agar mengecualikan syarat di bawah usia 65 tahun bagi jemaah asal Indonesia.

Selain jumlah jemaah haji Indonesia berusia 65 tahun ke atas yang cukup banyak, ada alasan lain yang diajukan Bukhori.

Yaitu durasi tinggal jemaah di Arab Saudi tidak sampai 40 hari, karena jumlah jemaah yang akan berangkat diperkirakan tidak mencapai setengah dari total kuota normal.

"Karena itu kami mendorong Pemerintah Indonesia bekerja keras mengupayakan segala hal yang diperlukan untuk menjaga harapan jemaah lansia kita agar bisa memenuhi panggilan ke Tanah Suci pada tahun ini,” pungkasnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA