Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Ajak Parpol Jaga Ruh Demokrasi, Firli Bahuri: Iklim Keterbukaan jadi Mimpi Buruk bagi Korupsi

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/idham-anhari-1'>IDHAM ANHARI</a>
LAPORAN: IDHAM ANHARI
  • Selasa, 12 April 2022, 20:27 WIB
Ajak Parpol Jaga Ruh Demokrasi, Firli Bahuri: Iklim Keterbukaan jadi Mimpi Buruk bagi Korupsi
Ketua KPK Firli Bahuri saat mengumpulkan 20 perwakilan parpol di Gedung ACLC KPK/RMOL
rmol news logo Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri mengajak seluruh partai politik untuk sama-sama menjaga ruh demokrasi yakni keterbukaan, transparansi dan akuntabilitas. Dan demokrasi ialah dari rakyat untuk rakyat.

Hal ini disampaikan Firli saat memberi sambutan dalam kick off pendidikan politik cerdas dan berintegritas terhadap 20 partai politik di Gedung ACLC KPK, Kuningan, Jakarta Selatan pada Selasa (12/4).

“Karenanya, kami menganggap rekan-rekan partai politik harus menjaga juga cita-cita demokrasi itu,” kata Firli.

Menurut Firli, jika ruh demokrasi yakni transparansi dan akuntabilitas dan disemai oleh integritas bersemayam utuh disetiap pola dan tindakan setiap partai politik maka dapat dipastikan bisa mewujudkan Indonesia yang terbebas dari praktik-praktik korupsi.

“Dengan keterbukaan, maka menjadi mimpi buruk bagi korupsi itu sendiri,” ujar Firli.

Disamping itu, KPK lanjut Firli, berkeinginan agar biaya politik murah, kerena dengan begitu praktik-praktik korupsi dapat terhindarkan bahkan hilang.

“Kita terus melakukan kajian agar terhindar dari jebakan politik berbiaya mahal,” harap Firli.

Lebih dalam, Firli mengungkapkan, disisi lain KPK ingin menjaga integritas dari setiap partai-partai politik yang ada di Indonesia. Melalui pendidikan politik cerdas dan berintegritas ini, KPK, ingin mengajak partai politik ikut menyempurnakan regulasi terkait dengan tata cara penentuan calon, mencalonkan dan pengusungan saat pemilu.

“Partai politik harus kita jaga, transparansi, akuntabilitas dan integritasnya,” tekan Firli.

Karena KPK menyadari, tanpa peran serta partai politik, upaya-upaya pemberantasan korupsi yang dilakukan oleh KPK selama ini tidak akan pernah membuat Indonesia terbebas dari praktik-praktik korupsi.

“Rekan-rekan parpol harus menjaga ruh demokrasi yakni keterbukaan dan transparansi dan akuntabilitas dan disemai oleh nilai-nilai integritas, maka kita bisa mewujudkan Indonesia bebas dari korupsi,” demikian Firli.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA