Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Fahmi Dzakky: Ada Peluang bagi Mahasiswa untuk Menjadi Pelaku Utama UMKM

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-kiflan-wakik-1'>AHMAD KIFLAN WAKIK</a>
LAPORAN: AHMAD KIFLAN WAKIK
  • Jumat, 15 April 2022, 04:57 WIB
Fahmi Dzakky: Ada Peluang bagi Mahasiswa untuk Menjadi Pelaku Utama UMKM
Direktur Lembaga Keuangan dan Perbankan PB PMII Ahmad Zaqi Ainurrofiq/Net
rmol news logo Kalangan mahasiswa dan generasi muda tidak perlu ragu untuk mulai berwirausaha dengan merintis usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) untuk memanfaatkan pasar yang cukup terbuka di Indonesia.

Begitu dikatakan Direktur Lembaga Keuangan dan Perbankan PB PMII Fahmi Dzakky dalam Diskusi Publik bertema "Strategi Peningkatan Pembiayaan UMKM dalam Rangka Pemulihan Ekonomi Nasional" di Jakarta, Kamis (14/4)

"Saya melihat ada peluang besar bagi anak-anak muda, khususnya mahasiswa sebagai bagian dari pelaku utama UMKM," ujar Fahmi.

Dikatakan Fahmi, selama hampir dua dekade perjalanan Indonesia, tiang utama ekonomi yang paling kuat adalah UMKM. Di mana kontribusi terhadap Product Domestic Bruto (PDB) lebih dari 50 persen.

"Beberapa fenomena krisis bahkan mulai dari 97/98, kemudian krisis ekonomi global 2008, dan akhir-akhir ini resesi akibat pandemi, pertahanan terkuat dan utama kita lagi-lagi UMKM, ini menunjukkan betapa pentingnya UMKM bagi perekonomian kita," terangnya.

Dia mengakui, banyak hambatan yang dikeluhkan orang kreatif dalam memulai usaha. Salah satunya, adalah hambatan mendapatkan modal pembiayaan usaha.

Walaupun, kata dia, hambatan itu juga berasal dari pelaku UMKM pemula yang abai dalam membuat catatan keuangan secara rinci yang umumnya diminta sebagai syarat pengajuan bantuan modal.

"Karena hambatan utama dan menjadi kebiasaan lembaga-lembaga keuangan enggan memberikan akses pembiayaan karena tidak terpenuhinya syarat. Biasanya para pelaku UMKM abai dalam pencatatan, apalagi dalam pemenuhan syarat-syarat lainnya," terangnya.

Meski begitu, dia berharap pelaku UMKM muda dapat lebih melatih diri. Sementara bersamaan, lembaga keuangan juga membuka pintu bagi mahasiswa yang membutuhkan modal untuk memulai usaha.

"Oleh karenanya saya menawarkan solusi membuka lembaran utama baru dalam rangka program strategis nasional, yaitu pembiayaan UMKM di kalangan mahasiswa," pungkasnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA