Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Anies Adakan Mudik Gratis bagi Warga DKI, FPPJ Beri Dua Jempol

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/agus-dwi-1'>AGUS DWI</a>
LAPORAN: AGUS DWI
  • Senin, 18 April 2022, 10:44 WIB
Anies Adakan Mudik Gratis bagi Warga DKI, FPPJ Beri Dua Jempol
Ketua Forum Pemuda Peduli Jakarta (FPPJ) Endriansah/Ist
rmol news logo Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melalui Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta akan menyelenggarakan Program Mudik Gratis DKI Jakarta Tahun 2022. Program mudik gratis ini dikhususkan bagi mereka yang memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP) DKI Jakarta.

Mudik gratis dengan tema "Mudik Aman Mudik Sehat" Pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk seluruh warga Jakarta dengan tujuan ke 17 kota dan kabupaten di 5 provinsi. Yakni Sumatera Selatan, Lampung, Jawa Tengah, Daerah Istimewa Yogyakarta, dan Jawa Timur.

Ketua Forum Pemuda Peduli Jakarta (FPPJ), Endriansah mengatakan, kegiatan mudik gratis yang diinisiasi Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan ini sangat membantu masyarakat menengah ke bawah untuk sejenak menengok kampung halaman mereka.

"Anies gubernur solutif yang memahami kebutuhan warganya yang masih kesusahan akibat pandeni," kata aktivis yang akrab disapa Rian ini, Senin (18/4).

Menurut Rian, program mudik gratis ini sekaligus membantu PO bus wisata dan PO bus antarkota antarprovinsi (AKAP) menangguk keuntungan setelah dua tahun ikut "berpuasa" akibat pandemi.

"Selama dua tahun, sudah dua kali pula mudik Lebaran dilarang dioperasikan," ucap Rian.

Rian melanjutkan, program mudik gratis Pemprov DKI ini juga bisa menekan pemakaian motor pada mudik Lebaran. Dengan demikian angka kecelakaan saat mudik diharapkan bisa turun.

Di sisi lain, Rian menyarankan, ke depan agar mudik gratis tidak hanya diberikan untuk pemudik di Pulau Jawa dan Sumatra saja, melainkan bisa ke Pulau Bali, Kalimantan, Sulawesi. Atau ke kawasan tertentu di wilayah yang memerlukan, misal Maluku, Kepulauan Riau, dan Nusa Tenggara Barat.

Pemprov DKI Jakarta sendiri telah menyiapkan 19.680 tiket mudik gratis. Tiket berlaku untuk tujuan 17 kota dan kabupaten pada lima provinsi di Pulau Sumatra dan Jawa.

Kadishub DKI Syafrin Liputo menjelaskan, DKI Jakarta menyelenggarakan Program Mudik Gratis Tahun 2022 untuk seluruh warga Jakarta. Adapun 17 kota dan kabupaten itu adalah Palembang, Lampung Tegal, Pekalongan, Semarang, Kebumen, Cilacap, Purwokerto, Solo.

Selain itu, tiket juga berlaku untuk tujuan Wonosobo, Yogyakarta, Sragen, Wonogiri, Madiun, Kediri, Jombang, dan Malang. Jadwal arus mudik dilaksanakan pada 26 April di Terminal Pulogadung dan 27 April di Terminal Pulo Gebang.

Untuk jadwal arus balik berlaku pada 7 Mei dari masing-masing lokasi menuju Terminal Pulogadung dan pada 8 Mei menuju Terminal Pulo Gebang.

Calon peserta dapat mendaftarkan diri daring melalui laman www.mudikgratisdkijakarta.id atau melalui WhatsApp ke nomor 0812318857. Peserta dapat mendaftarkan maksimal empat orang per kartu keluarga (KK) dan diperuntukkan bagi warga yang memiliki KTP DKI Jakarta.

Program ini diutamakan bagi mereka yang sudah menerima vaksin dosis 3 (booster), membawa sepeda motor, dan diutamakan yang akan melakukan perjalanan arus mudik serta arus balik ke DKI Jakarta.

Pemprov DKI Jakarta menyiapkan 492 unit bus dan 31 truk untuk mengangkut kendaraan roda dua milik para pemudik. Truk itu terdiri dari 22 truk berangkat saat arus mudik dan sembilan truk lainnya untuk melayani arus balik. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA