Sembilan Calon Presiden 2024
Sembilan Calon Presiden 2024
Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Enggan Sebut Nama, Bang Yos Beberkan Kriteria Calon Ideal Pengganti Anies

LAPORAN: AGUS DWI
  • Senin, 18 April 2022, 16:55 WIB
Enggan Sebut Nama, Bang Yos Beberkan Kriteria Calon Ideal Pengganti Anies
Mantan Gubernur DKI Jakarta periode 1997-2007, Sutiyoso/Ist
Kota Jakarta harus diisi oleh sosok pemimpin yang memiliki wawasan mendalam soal Jakarta dan luwes dalam bersikap. Termasuk paham dengan masalah klasik di ibukota.

Hal ini yang disampaikan Gubernur DKI Jakarta periode 1997-2007, Sutiyoso atau akrab disapa Bang Yos, saat menanggapi segera berakhirnya masa jabatan Anies Baswedan sebagai Gubernur DKI Jakarta pada Oktober 2022. Sementara, Pemilu baru akan dilaksanakan pada 2024.

"Orang ini (pengganti Anies) harus luwes gitu kan, enggak kaku, bisa bergaul dengan semua pihak, semua golongan, itu penting karena mempersatukan perbedaan tidak mudah. Dia harus paham karena Jakarta adalah barometer nasional gitu, jadi tidak boleh terjadi gejolak di sini. Dia juga harus paham masalah klasik ibukota," kata Bang Yos kepada Kantor Berita RMOLJakarta, Senin (18/4).

Adapun masalah klasik Jakarta sendiri di antaranya adalah kemacetan, banjir, dan peningkatan jumlah penduduk.

Namun demikian, saat disodorkan beberapa nama, Bang Yos enggan menyebut nama salah satu tokoh pengganti Anies secara spesifik.

"Ya tadi mau dia Kapolda (Kapolda Metro Jaya), mau siapa, kan harus memenuhi kriteria tadi. Kira-kira punya wawasan tentang Jakarta yang bisa nilai ya, yang nunjuk kan gitu," imbuh Bang Yos.

Dengan terpilih sosok yang tepat, Bang Yos pun berharap masalah demi masalah yang ada di Jakarta sepeninggal Gubernur Anies selama dua tahun berikutnya dapat teratasi.
EDITOR: AGUS DWI

ARTIKEL LAINNYA