Sembilan Calon Presiden 2024
Sembilan Calon Presiden 2024
Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Diprediksi Ada 85 Juta Pemudik Tahun Ini, Nasdem Minta Pemerintah Siapkan Antisipasi Setiap Risiko

LAPORAN: ANGGA ULUNG TRANGGANA
  • Selasa, 19 April 2022, 02:50 WIB
Diprediksi Ada 85 Juta Pemudik Tahun Ini, Nasdem Minta Pemerintah Siapkan Antisipasi Setiap Risiko
Wakil Ketua MPR RI, Lestari Moerdijat/Net
Terkait dengan potensi arus pemudik yang diprediksi tembus 85 juta orang, Wakil Ketua MPR RI, Lestari Moerdijat meminta pemerintah mengantisipasi segala potensi risiko.

Lestari menjelaskan, antisipasi risiko diharapkan agar aktivitas mudik Lebaran tahun ini mampu mendorong roda perekonomian nasional.

"Tinggal bagaimana kita mampu mengantisipasi setiap risiko yang muncul seperti pada kebijakan mempersilakan masyarakat untuk mudik Lebaran tahun ini," kata politisi yang karib disapa Rerie ini, Senin (18/4).

Menurut Rerie, sejumlah risiko seperti adanya kelompok masyarakat yang masih rawan terpapar Covid-19, harus disikapi dengan efektif. Misalnya, beberapa faktor seperti komorbid, belum divaksin, balita dan anak-anak, sehingga belum memiliki imunitas yang memadai harus menjadi perhatian pemerintah.

Selain itu, Rerie mengatakan bahwa lonjakan keberangkatan pemudik yang diperkirakan terjadi juga berisiko menciptakan kemacetan di beberapa jalur mudik yang bisa berakibat fatal.

Menurutnya, aparat berwenang perlu mengantisipasi denga pengaturan yang cermat arus mudik. Misalnya, tambah Rerie, pemerintah harus menyiapkan sejumlah simulasi dan skenario operasi di lapangan.

Sebab, pergerakan sekitar 85 juta pemudik tahun tentu membutuhkan pengelolaan yang mumpuni dari semua sisi untuk menghindari terjadinya korban jiwa.

Ia berharap, semua pihak bisa ikut ambil bagian dalam mengupayakan suksesnya mudik Lebaran tahun ini. Apalagi, peristiwa mudik Lebaran tahun ini tidak sekadar memenuhi rasa rindu masyarakat akan kampung halaman mereka.

ARTIKEL LAINNYA